Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Marcella, Jesslyn
Subject
338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production)
Datestamp
2022-02-11 02:51:31
Abstract :
Pertumbuhan pusat perbelanjaan yang semakin pesat di Kota Tangerang
menimbulkan adanya persaingan yang ketat diantara pelaku industri pusat
perbelanjaan. Persaingan tersebut membuat setiap mall harus melakukan inovasi yang
berbeda dari competitor untuk menarik perhatian pelanggan dan menjaga kesetiaan
pelanggan. Untuk menjaga loyalitas pelanggan tersebut Tangcity Mall menerapkan
program Customer Relationship Management yang bernama Smart Shopper Card.
Smart Shopper Card merupakan loyalty program yang disediakan oleh Tangcity Mall
bagi para pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi
Customer Relationship Management Tangcity Mall dalam mempertahankan loyalitas
pelanggan melalui program Smart Shopper Card.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan strategi dan konsep dari Pepper &
Rogers yang digunakan sebagai fokus dari penelitian ini. Strategi dan konsep tersebut
adalah Customer Identify, Customer Differentiate, Customer Interact, dan Customer
Customize (IDIC). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan metode studi kasus dan didukung dengan data-data yang diperoleh dari hasil
wawancara dan observasi dengan pihak Tangcity Mall.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari konsep IDIC tersebut, satu
diantaranya masih belum dijalankan dengan baik oleh Tangcity Mall yaitu pada tahap
Customer Differentiate.