DETAIL DOCUMENT
Implementasi program corporate social responsibility pt. sido muncul tbk dalam membangun stakeholder engagement ( studi kasus program mudik gratis sido muncul bersama pedagang jamu ke-25 periode 2014)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Destriana, Sherly
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2017-07-14 03:30:24 
Abstract :
Dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnisnya, setiap perusahaan tentunya memiliki bentuk tanggung jawab sosial dalam melaksanakan setiap programnya. Agar perusahaan tersebut dapat dinilai baik di mata masyarakat dan membentuk pola pikir masyarakat yang baik, perusahaan memiliki peran penting untuk menarik perhatian masyarakat. Salah satu cara yang dilakukan perusahaan adalah melakukan program Corporate Social Responsibility. Melalui pelaksanaan CSR, perusahaan dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Dalam penerapan CSR, perusahaan juga turut mencari cara untuk memperkuat citra perusahaan di mata masyarakat dan membangun stakeholder engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program CSR dari PT. Sido Muncul. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep yang berkaitan dengan model perencanaan CSR, CSR Process Model oleh Coombs dan Holladay, konsep peran PR oleh Cutlip, Centre dan Broom, citra perusahaan oleh Jefkins serta konsep- konsep CSR lainnya oleh Kotler, Untung dan Suharto. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada 3 narasumber yaitu Senior Manager Public Relations PT. Sido Muncul Tbk, Manager Media Relations PT. Sido Muncul, Tbk dan seorang konsultan yang merupakan narasumber ahli dalam bidang Corporate Social Responsibiliy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program ?Mudik Gratis? bersama pedagang jamu Sido Muncul sudah terealisasikan dengan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan program yang selalu berjalan setiap tahun dan mendapatkan respon positif dari masyarakat dan beberapa penghargaan dari lembaga pemerintah. Namun, jika dilihat dari model perencanaan CSR Coombs dan Holladay, program ?Mudik Gratis? ini belum dijalankan secara maksimal. Ada beberapa tahapan yang tidak begitu diperhatikan dalam pelaksanaan program CSR. Akan tetapi, dalam penerapannya, CSR berperan penting dalam memperkuat citra perusahaan di mata masyarakat. Maka, dapat disimpulkan bahwa implementasi program CSR berperan penting bagi perusahaan untuk saling menbantu kedua belah pihak baik perusahaan maupun masyarakat. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara