Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Suryanata, Thomas Himawan
Subject
HD30.2 Branding
Datestamp
2017-09-28 01:49:47
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media massa yang dapat menggambarkan
sebuah perusahaan melalui pemberitaanya sekaligus mempengaruhi citra sebuah
perusahaan yang berawal dari opini publik dan nantinya berdampak pada pemangku
kepentingan lainnya. Mempunyai cakupan yang luas menjadikan media massa
mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi citra suatu perusahaan. Perkembangan
teknologi yang cepat melahirkan media massa online yang lebih cepat, luas, dan bisa
diakses kapan pun. Public Relations dalam praktiknya juga melakukan media
monitoring. Media monitoring perlu dilakukan untuk melihat bagaimana pemberitaan
mencitrakan perusahaan. Hasil media monitoring juga bisa dijadikan acuan untuk
program public relations berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra
Sinar Mas Land dalam pemberitaan situs berita Detik.com dan Kompas.com periode 1
Januari ? 31 Desember 2014.
Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Agendasetting,
Media Massa, Media Online, Jurnalistik Online, Berita, Portal Berita, Public
Relations, Citra, Media Relations, Media Monitoring, Analisis Berita.
Paradigma yang digunakan adalah positivistik, dengan jenis penelitian
kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif,
teknik pengumpulan data adalah studi dokumen, teknis analisis data dengan
menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Sinar Mas Land dalam
pemberitaan situs berita Detik.com dan Kompas.com periode 1 Januari ? 31
Desember 2014 adalah positif. Kompas.com memberitakan Sinar Mas Land lebih
banyak dan arah opini positif lebih banyak daripada Detik.com.