Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Asmawarini, Restia Tities
Subject
302.2 Communication
Datestamp
2022-01-29 04:58:36
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Surya Institute ? suatu institusi
bergerak di pendidikan fokusnya science dan matematika ? ingin memajukan
daerah-daerah tertinggal dengan mempopulerkan science dan matematika
khususnya di Indonesia agar dapat membangun bangsa ? melalui para siswa
sekolah tingkat menengah yang berpartisipasi dalam event Asia Pacific
Conference of Young Scientists (APCYS) yang untuk kali pertama diadakan di
Indonesia. Hal yang menarik untuk dikaji yakni bagaimana strategi komunikasi
Surya Institute atas event APCYS 2012 tersebut dalam membangun brand image.
Penelitian ini menggunakan salah satu teori komunikasi, yaitu Teori
Propaganda Lasswell dengan model komunikasi ?who says what to whom in what
channels with what effects? dan menggunakan konsep Strategic Public Relations
Planning oleh Ronald D. Smith.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, paradigma
post positivis dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi partisipan dan studi dokumen. Key informen penelitian ini
adalah Presiden APCYS, Corporate Communication Surya Institute dan Ketua
Panitia APCYS 2012. Sedangkan informen penelitian ini diambil beberapa siswa
peserta APCYS 2012, yakni dari Indonesia, Malaysia, Australia dan Singapura.
Dari hasil penelitian ditemukan strategi komunikasi Surya Institute atas
event APCYS 2012 adalah menggunakan Strategi Proaktif jika dikaitkan dengan
perencanaan strategis Public Relations oleh Ronald D. Smith. Action Strategies
berupa special event APCYS 2012 tanggal 2?7 September 2012. Communication
strategies yang digunakan adalah publicity dan newsworthy information. Publicity
menggunakan media massa (cetak baik nasional dan lokal, dan koran online), emails,
Facebook Surya Institute, website APCYS 2012, media below the line
(BTL) berupa baliho, backdrop dan X-banner, press conference, fact sheet,
feature dan press release. Sedangkan Newsworthy information yang
disosialisasikan Surya Institute adalah science issues, diharapkan meningkatkan
awareness masyarakat luas sehingga membangun brand image Surya Institute.