Abstract :
Sebagai satu-satunya hotel berbintang empat di kawasan terpadu Kelapa
Gading, tentu HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading memiliki banyak
sekali pelanggan. Ditambah dengan lokasi yang menjadi satu dengan Mall Kelapa
Gading, dan mendapat dua penghargaan internasional menambah nilai-nilai
positif terhadap HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading. Dengan tingkat
hunian yang sangat tinggi mencapai 95 persen setiap bulannya tidak menjamin
pelanggan akan terus memilih HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading
sebagai tempat menginap. Tentu perlu adanya sistem yang menjaga agar
pelanggan tetap loyal dan memiliki hubungan jangka panjang terhadap HARRIS
Hotel & Conventions Kelapa Gading.
Untuk menjaga loyalitas pelanggan dari HARRIS Hotel & Conventions
Kelapa Gading diperlukan sebuah program yang disebut Customer Relationship
Management. Seperti yang telah dikatakan Kalakota bahwa tujuan CRM yang
utama adalah mengelola dan me-manage pelanggan agar terjadi suatu hubungan
yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Dalam meneliti Strategi Customer
Relationship Management yang di HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading,
peneliti menganalisa menggunakan strategi dan konsep dari Pepper & Rogers,
dimana peneliti menggunakan strategi dan konsep tersebut sebagai fokus dari
penelitian ini. Strategi dan konsep Customer Relationship Management ini terdiri
dari empat tingkatan yaitu Customer Identify, Customer Diferentiate, Customer
Interact dan tahap yang terakhir adalah Customer Customize.
Dalam penelitian mengenai strategi Customer Relationship Management
terhadap HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading, peneliti melakukan
wawancara terhadap dua narasumber yang berasal dari pihak HARRIS Kelapa
Gading. Dari penelitian mengenai Strategi Customer Relationship Management
HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading di tahun 2012, peneliti menjadi
paham mengenai strategi yang digunakan HARRIS Kelapa Gading dalam
menjaga loyalitas pelanggan selama tahun 2012 beserta bukti tingginya loyalitas
pelanggan bedasarkan index kepuasan pelanggan yang didapat oleh peneliti dari
berbagai review melalui online travel agent.