Abstract :
Penelitian ini dilator belakangi oleh kepedulian perusahaan kepada pemangku
kepentingan dan lingkungannya atas dampak sosial yang ditimbulkan oleh kegiatan
operasional perusahaan melalui pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR).
Melalui program CSR ULAS, PT Unilever Indonesia Tbk melakukan community
development terhadap mahasiswa agar dapat menjadi calon pemimpin yang berpola pikir
berkelanjutan. Permasalahan yang diteliti oleh peneliti adalah bagaimana perencanaan
dan implementasi Program CSR ULAS di PT Unilever Indonesia Tbk. Sementara tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan dan implementasi
Program CSR ULAS sebagai strategi meningkatkan jiwa leadership dengan sustainability
mindset di kalangan mahasiswa.
Teori yang digunakan dalam penelitian mengenai Program CSR ULAS adalah
teori CSR oleh Garriga dan Mele, yaitu teori etis dengan sub teori normative stakeholders
dan sub teori pembangunan berkelanjutan. Sementara konsep yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mengenai Fungsi dan Peran Public Relations, Fungsi dan Pengertian
Employer Branding, Fungsi dan Pengertian Corporate Social Responsibility, Community
Development sebagai Bentuk CSR, serta Perencanaan dan Implementasi CSR.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder di mana data primer
didapatkan dari hasil wawancara kepada pihak internal dan eksternal perusahaan
mengenai program ini sebagai key informan, serta menggunakan data sekunder dianalisis
dari artikel dari media massa. Metodologi yang digunakan adalah paradigma postpositivisme,
dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, dan metode penelitian menggunakan
studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teori CSR yaitu teori etis
dapat diterapkan dalam implementasi Program CSR ULAS, beserta indikator-indikator
dan prinsip-prinsip CSR. Selain itu, Program CSR ULAS merupakan program
berdasarkan pilar Building Human Capital berbentuk community development yang
terdiri dari indikator kemandirian dan keberlanjutan. Berdasarkan tahap-tahap
implementasi CSR oleh Wibisono yang terdiri dari perencanaan, implementasi, evaluasi,
dan pelaporan, program yang merupakan program perdana yang akan dijadikan sebagai
program CSR tahunan PT Unilever Indonesia Tbk telah berjalan dengan baik meski
memerlukan beberapa penyempurnaan. Optimalnya program ini selain memiliki nilai
diferensiasi, dampak positif yang dirasakan oleh publik baik partisipan dan masyarakat
lebih real. Selain itu, mahasiswa sebagai partisipan dapat menjadi agen perubahan yang
dapat menginspirasi mahasiswa lainnya sehingga tujuan meningkatkan jiwa leadership
dengan sustainability mindset dapat terwujud.