DETAIL DOCUMENT
Strategi dan implementasi corporate social responsibility pt wahana makmur sejati (main dealer sepeda motor Honda untuk kawasan jakarta-tangerang) studi kasus program rumah pangan lumbung sejahtera
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Surentu, Vallen Caroline
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2017-09-28 09:59:50 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu tools perusahaan dalam melakukan tanggung jawabnya, yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) yang sekarang ini sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dikarenakan masyarakat dewasa kini tidak hanya memilih perusahaan melalui produk yang telah dihasilkan tetapi lebih melihat bagaimana sikap sosial dari perusahaan itu sendiri terhadap masyarakat maupun lingkungan. Permasalahan yang diteliti ialah bagaimana strategi dan implementasi Corporate Social Responsibility PT Wahana Makmur Sejati dalam program rumah pangan lumbung sejahtera. Tentunya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi seperti apa yang dilakukan oleh Wahana sekaligus bagaimana proses implementasi dalam menjalankan program rumah pangan lumbung sejahtera. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman mengenai proses perencanaan Public Relations, corporate communication serta konsep berkaitan dengan CSR. Dengan menggunakan metode studi kasus, penelitian kualitatif deskriptif ini membahas strategi dan implementasi program CSR salah satu dealer utama sepeda motor HONDA di Indonesia. Selain itu, peneliti melakukan wawancara kepada pihak internal perusahaan sebagai key informan. Sekaligus peneliti mewawancarai dosen ahli di bidang CSR sebagai bagian yang membantu di dalam uji keabsahan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Wahana Makmur Sejati sangat concern pada program rumah pangan lumbung sejahtera. Program berkesinambungan yang sudah berjalan sejak tahun 2008 ini juga telah berjalan dengan baik meskipun ke depannya akan selalu ada inovasi yang lebih baik lagi. Optimalnya program ini berjalan juga dapat memberikan dampak positif terhadap citra perusahaan ini di mata publik yang lebih luas. Strategi yang digunakan melalui media internal maupun ekternal serta melalui Word of Mouth (WOM). Dan di dalam mengimplementasikan program CSR ini, PT Wahana Makmur Sejati menggunakan model improve Sekaligus program CSR rumah pangan ini telah memenuhi kedelapan indikator implementasi CSR yang terdiri dari leadership, proporsi bantuan, transparansi & akuntabilitas, cakupan wilayah, perencanaan & mekanisme monitoring & evaluasi, pelibatan stakeholders, keberlanjutan (sustainability), serta hasil nyata (outcome). Kata Kunci di dalam penelitian ini : Implementasi dan CSR. (Vallen Caroline Surentu, UMN, 2009). 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara