DETAIL DOCUMENT
Strategi kampanye public relations asia pulp and paper (app) indonesia melalui event musik edukasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Sarmayuni, Vionita ega
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2017-09-28 09:58:36 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya isu perusakan hutan dan lingkungan oleh industri kertas yang selalu didengungkan oleh berbagai LSM. APP yang merupakan perusahaan pulp dan kertas nasional yang berhasil menjadi produsen kertas nomor 5 dan produsen pulp nomor 15 dunia, seringkali mendapatkan opini dan tudingan negatif dari lembaga tersebut. Untuk itulah APP merasa perlu meluruskan isu tersebut dengan melakukan kampanye. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kampanye Public Relations APP melalui event Musik Edukasi. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian strategi kampanye Public Relations ini antara lain : Model Komunikasi Lasswell, Public Relations, Strategi Perencanaan Public Relations, Kampanye Public Relations, Strategi Perencanaan Kampanye Public Relations, dan Special Events. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post positivistik, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif, metode penelitian studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam kampanye ini menggunakan strategi reaktif yaitu prebuttal dengan taktik special event. APP menyampaikan pesan dan informasi terkait kertas, hutan, dan lingkungan kepada khalayak sasarannya, yaitu siswa SMP dan SMA dengan menggunakan celebrity spoke person, Noe Letto melalui pendekatan persuasif dan dialog interaktif. Exposure yang diperoleh pun sesuai dengan yang diharapkan. Program event tersebut berhasil dalam merubah persepsi khalayak sasaran. Namun, strategi kampanye PR masih belum menjawab permasalahan tentang tudingan Greenpeace terkait perusakan hutan. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara