DETAIL DOCUMENT
Strategi customer relationship management (crm) hotel santika bsd: dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan melalui program kgvc flazz sip
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Nugrohowati, Yuliana Ariyani
Subject
HD59-59.9 Marketing and Publicity 
Datestamp
2017-09-28 09:54:15 
Abstract :
Pertumbuhan industri perhotelan yang semakin pesat menimbulkan adanya persaingan yang ketat di antara para pelaku industri perhotelan. Persaingan tersebut menjadikan hotel-hotel terus melakukan inovasi untuk menarik minat dan menjaga kesetiaan pelanggan. Hotel Santika BSD merupakan hotel bisnis bintang tiga yang menggunakan strategi Customer Relationship Management (CRM) dalam memperkenalkan salah satu programnya yang bernama Kompas Gramedia Value Card Flazz Santika Important Person (KGVC Flazz SIP). KGVC Flazz SIP merupakan loyalty program yang disediakan oleh Kompas Gramedia yang bekerja sama dengan aliansi Flazz BCA untuk memberikan lebih banyak manfaat dan fasilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan Guest Relations Officer (GRO) Hotel Santika BSD dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan melalui program KGVC Flazz SIP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan didukung dengan data-data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak internal PT.Grahawita Santika dan Hotel Santika BSD. Selain itu, penulis juga melakukan studi pustaka dari beberapa buku, jurnal dan bahan-bahan lain yang dapat dijadikan penunjang dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi CRM yang dilakukan GRO Hotel Santika BSD melalui program KGVC Flazz SIP berfungsi sebagai jawaban atas mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap Hotel Santika BSD. Hal ini diterapkan dengan tiga nilai (Operational excellence, Product leadership, dan Customer intimacy) dan melakukan kerjasama secara internal maupun external. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara