Abstract :
Sejumlah kasus tentang telatnya korban kecelakaan menerima pertolongan
pertama terjadi karena umumnya masyarakat Indonesia tidak menguasai
pertolongan pertama. Korban yang mengalami kecelakaan semestinya menerima
bantuan pertolongan pertama segera supaya keadaan tidak menjadi semakin
buruk. Melihat gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini yang cenderung
memiliki ketergantungan dengan smartphone, maka mobile application menjadi
pilihan media yang tepat untuk menginformasikan masyarakat mengenai langkahlangkah
pertolongan pertama dan koneksi untuk mencari fasilitas kesehatan
terdekat supaya dapat mendapatkan bantuan segera. Oleh karena itu, penulis
merancang mobile application mengenai pertolongan pertama. Perancangan
aplikasi ini didukung oleh data yang telah dikumpulkan melalui survei dengan
membagikan kuesioner, wawancara, focus group discussion dan studi literatur.
Informasi mengenai langkah-langkah melakukan pertolongan pertama akan
dikemas dalam bentuk step-by-step yang dilengkapi dengan gambaran ilustrasi
serta panduan audio untuk beberapa penanganan tertentu supaya pengguna dapat
menerima gambaran lebih baik pada saat hendak melakukan penanganan.