DETAIL DOCUMENT
Strategi penerbitan majalah rohani katolik dalam mempertahankan loyalitas pembacanya (studi kasus terhadap majalah mingguan rohani katolik hidup)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Hardi, Adrian Hartanto
Subject
PN4775-4784 Technique. Practical journalism 
Datestamp
2017-09-27 08:20:55 
Abstract :
Dengan semakin maju dan berkembangnya era informasi dan teknologi, media massa pun turut mengalami kemajuan dibidangnya. Dewasa ini majalah semakin marak perkembangannya dan dapat dengan mudah di temui di pasaran. Hal ini lantaran majalah mampu memberikan berbagai informasi yang di butuhkan oleh khalayak, dan majalah juga mampu menyentuh pasar yang spesifik. Yang menarik adalah adanya majalah rohani yang sudah bertahan selama lebih dari 60 tahun lamanya. Lantas bagaimana kehadiran media massa rohani tersebut di tengah kalangan umat beragama Katolik pada khususnya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerbitan majalah rohani katolik untuk mempertahankan loyalitas pembacanya. Level loyalitas seperti apakah yang terbentuk dari pembaca majalah HIDUP yang 90 %nya merupakkan pelanggan tetap. Penelitian ini ditunjang dengan konsep-konsep seperti fungsi media massa, peranan media massa rohani, konsep media massa rohani, serta konsep loyalitas pelanggan. Selain itu, penelitian yang menggunakan paradigma Post-positivis serta pendekatan kualitatif ini bersifat deskriptif. Metode penelitian yang dipilih ada dua yakni wawancara dan observasi partisipan dengan mendatangi langsung keredaksian Majalah HIDUP dan mengamati secara langsung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah HIDUP menjalankan fungsi dan peranannya dengan baik sebagai media massa pada umumnya dan media massa rohani pada khususnya. Fungsi dan peranan yang paling dominan adalah HIDUP merupakan sumber informasi atau sumber acuan untuk seluruh majalah Katolik yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat dari total pelanggan majalah HIDUP yang berjumlah sekitar 200.000 pembaca dari berbagai kalangan, 90%-nya merupakan pelanggan tetap yang berlangganan sudah sejak lama. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara