Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Putrianti, Aisya
Subject
070 News, mass media, journalism, and publishing
Datestamp
2022-04-19 06:56:31
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis,
yaitu studi resepsi. Informan utama dalam penelitian ini adalah empat ibu rumah
tangga yang dipilih berdasarkan teknik Maximum Variation, yaitu tingkat
pengalaman yang berbeda-beda dari empat informan. Permasalahan penelitian ini
adalah bagaimana para ibu rumah tangga memaknai citra pendakwah dalam
tayangan dakwah di televi.
Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah studi resepsi dengan
melakukan wawancara mendalam dan meminta mereka menulis jurnal harian
tentang aktivitas sehari-hari selama satu minggu.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang
memengaruhi pemaknaan informan adalah gaya hidup dan lingkungan mereka
yang agamis, ditambah dengan data pendukung dari jurnal yang mereka tulis.
Dua informan memaknai pendakwah secara sama, yaitu layaknya manusia biasa
yang tidak luput dari kesalahan. Sementara kedua informan yang lain memaknai
pendakwah secara berbeda, yang satu menganggap pendakwah sebagai bentuk
profesi yang dikomersialisasikan dan informan yang lain menganggap pendakwah
saat ini hampir tidak ada bedanya dengan selebritis meski masih ada beberapa
yang menjalankan tugasnya dengan baik.