Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Christanti, Anastasia Febri
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2017-09-27 08:16:26
Abstract :
Dalam mengimplementasikan kegiatan Corporate Social
Responsibility, setiap perusahaan memiliki pemahaman yang berbeda.
Perkembangan konsep Corporate Social Responsibility yang tidak hanya
menjadi sebagai ketentuan legal operasional perusahaan namun juga telah
menjadi strategi bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu,
ditetapkannya ISO 26000 sebagai acuan dari pelaksanaan program CSR bagi
perusahaan juga turut mendorong perkembangan praktek CSR di dunia.
Penelitian ini akan membahas bagaimana perusahaan yang bergerak di
bidang industri otomotif yaitu PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki
pemahaman terhadap implementasi tanggung jawab sosial perusahaan
melalui program CSR Hyundai-KOICA Dream Center. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program CSR PT
Hyundai Mobil Indonesia pada program Hyundai-KOICA Dream Center.
Metodologi yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif, dengan metode studi kasus, dan paradigma post-positivisme. Data
diperoleh melalui wawancara dan observasi, serta studi dokumen, kemudian
dianalisis sesuai konsep yang digunakan pada penelitian ini. Key informan
dalam penelitian ini ialah Head of Public Relations dari PT Hyundai Mobil
Indonesia dan Hyundai Project Manager dari Plan Indonesia. Penelitian ini
berfokus pada analisis implementasi dari Hyundai-KOICA Dream Center.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program CSR dari
PT Hyundai Mobil Indonesia bukan hanya untuk memenuhi kewajiban yang
bersifat legal semata melainkan merupakan perwujudan dari nilai inti
perusahaan, serta mengetahui proses perencanaan dari program CSR tersebut,
dan jenis CSR berdasarkan strategi bisnis yaitu corporate responsible
business practice.