DETAIL DOCUMENT
Implementasi strategi public relations lembaga penjamin simpanan dalam pengelolaan reputasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Suselo, Alexander Jerry
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2017-09-27 08:40:46 
Abstract :
Untuk memberi rasa aman bagi para nasabah atas simpanan di bank dan demi memperoleh kepercayaan serta menjaga stabilitas perbankan, pemerintah pun membentuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Reputasi dan trust dari para stakeholder menjadi amat penting bagi LPS yang bergerak pada sektor penjaminan simpanan dalam menghadapi isu utama yang mempengaruhi reputasi lembaga adalah penanganan Bank Mutiara yang mendapat sorotan besar dari media sehingga LPS menghadapi ujian bagi reputasi mereka. Perbedaan LPS sebagai lembaga negara dengan perusahaan swasta, peranan LPS diatur dalam Undang-Undang. Peneliti ingin memahami dan mengkaji implementasi strategi public relations yang dilaksanakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam mengelola reputasi institusi. Penelitian akan dilakukan dengan metode wawancara dengan public relations atau humas LPS, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini, LPS menerapkan riset awareness & perception serta media audit sebagai acuan dari strategi proaktif dengan taktik yang dilakukan adalah iklan, komunikasi interpersonal melalui seminar dan special event, media relations, dan koordinasi dengan pemerintah melalui FKSSK yang menghasilkan peningkatan awareness dan meningkatkan minat masyarakat menabung di bank. Selain itu LPS berupaya memposisikan diri sebagai lembaga yang menangani bank gagal berdasar mandat undang-undang dan tidak terlibat dalam arus politik kasus Bank Mutiara. Hambatan yang dihadapi public relations LPS adalah kurangnya pemahaman publik terhadap posisi dan peranan lembaga yang memicu munculnya opini negatif. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara