DETAIL DOCUMENT
Pola komunikasi interpersonal di antara owner dalam manajemen perusahaan: Studi kasus pada para pemilik perusahaan PT. Megapolitan cipta mandiri
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Hilda, Anastasia
Subject
302 Social interaction, Interpersonal interaction 
Datestamp
2022-11-24 03:04:49 
Abstract :
Dalam sebuah perusahaan, komunikasi antar pribadi individu yang bekerja di dalamnya menunjukan bagaimana hubungan dan interaksi dilakukan demi pencapaian tujuan bersama sebagai satu perusahaan. Komunikasi berperan penting dalam pengambilan putusan, penanggulangan masalah, rencana untuk perkembangan perusahaan, kinerja dan kepuasan karyawan, dapat diketahui dengan komunikasi yang baik. Komunikasi dalam organisasi perusahaan ini memiliki arusnya yang terbentuk secara alami, dan membentuk pola tersendiri. Dalam prakteknya komunikasi antar pemilik perusahaan memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan perusahaan itu sendiri. Judul skripsi ini adalah ?Pola Komunikasi Interpersonal di antara Owner dalam Manajemen Perusahaan: Studi Kasus pada Para Pemilik Perusahaan PT. Megapolitan Cipta Mandiri?. Tujuannya untuk mengetahui di suatu perusahaan yang memiliki enam pemilik, bagaimana komunikasi yang terjadi di antara mereka dalam menjalankan suatu perusahaan. Bagaimanakah pola yang terbentuk dari komunikasi antar pribadi yang terjadi di antara mereka. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, sifat penelitian yaitu deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah studi pustaka, dan pedoman wawancara mendalam, dengan informan yang berjumlah enam orang. Tiap-tiap informan merupakan pemilik dari perusahaan PT. Megapolitan Cipta Mandiri. Wawancara mendalam dengan maksud mendapatkan data yang utuh dari lapangan, mengenai komunikasi antar pribadi yang terjadi di antara para pemilik perusahaan. Dengan melakukan triangulasi data, data yang didapatkan berupa kata-kata, kalimat-kalimat, atau narasi-narasi kemudian dikategorikan untuk membentuk pola komunikasi yang ingin dicari. Hasil penelitian didapati tiga pola yang terbentuk dikarenakan sifat dari komunikasi yang berubah-ubah, sesuai kebutuhan dan selalu berkembang. Penelitian ini menemukan adanya sebuah pola yaitu pola bintang yang mencerminkan keterbukaan di antara pemilik perusahaan. Namun pola ini tidak berlaku pada dua situasi yang lain, yaitu pada penanggulangan masalah dan pengambilan putusan ditemui adanya pola kekuasaan interpersonal, dan pada eksklusifitas detil informasi dalam pengelolaan keuangan. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara