Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Hito, Abraham Ryan Ade Putra
Subject
HD30 Strategic Communication
Datestamp
2017-09-28 10:31:00
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia marketing
yang pesat dan persaingan pasar yang ketat sehingga perlu melakukan
komunikasi pemasaran yang tepat untuk menjangkau pasar sasaran. Salah satu
cara yang dilakukan hingga saat ini adalah menyelenggarakan event. Cara ini
digunakan oleh PT Tunas Bola pada produknya yakni Harian Olah Raga Bola.
Permasalahan yang diteliti penulis adalah bagaimana implementasi event
marketing Nonton Bola Harian Olah Raga Bola untuk menciptakan awareness.
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada konsep
komunikasi pemasaran menurut Terrence A Shimp. Selain itu penelitian ini juga
menggunakan pemahaman mengenai awareness menurut Hermawan Kartajaya
dan fokus kepada proses event marketing menurut Wagen dan Carlos. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan
metode studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam, penyebaran kuisioner dan studi pustaka/dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan penyelenggaraan event Nonton Bola
dengan menggandeng komunitas fans klub sebagai penyelenggara dan khalayak
utama yang hadir memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu kegiatan
Nonton Bola tepat untuk menciptakan awareness sekaligus menjaga hubungan
baik dengan komunitas sebagai salah satu stakeholder PT Tunas Bola.