Abstract :
Penelitian ini membahas tentang strategi Corporate Social Responsibility
(CSR) sebagai salah satu aktivitas perusahaan dalam meningkatkan reputasi
perusahaan. Semakin ketatnya persaingan bisnis, PT Pertamina Refinery Unit III
menyadari bahwa pentingnya menjaga dan memelihara reputasi positif melalui
kegiatan yang bersifat sosial guna mensejahterakan lingkungan sekitarnya sebagai
bagian dari proses bisnis yang berkelanjutan. Melalui program CSR biogas,
Pertamina Refinery Unit III mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber
daya yang tersedia yakni kotoran sapi supaya memiliki nilai guna sebagai bahan
bakar untuk rumah tangga.
Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini antara lain
pemahaman terkait CSR, strategi perencanaan CSR Coombs & Holladay dan
reputasi perusahaan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat
penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan data primer dengan wawancara dan studi dokumen sebagai data
sekunder.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program CSR biogas Pertamina
Refinery Unit III telah dijalankan secara konsisten dari tahun 2011. Berdasarkan
tahapan strategi perencanaan CSR, program biogas juga telah berjalan dengan
baik dalam mencapai tujuan dari program, yaitu mengajak masyarakat untuk
memanfaatkan sumber daya yang tersedia yakni kotoran sapi menjadi biogas
supaya memiliki nilai guna. Reputasi perusahaan dimata peserta program dan
masyarakat pun meningkat. Hal ini terlihat dari outcome dan output yang di
dapatkan dari pelaksanaan program biogas ini.