DETAIL DOCUMENT
Strategi corporate social responsibility (csr) pt pertamina (persero) refinery unit III dalam meningkatkan reputasi perusahaan (studi kasus pada program biogas)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Sariwulan, Aldila Eka
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2017-09-29 08:10:50 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang strategi Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu aktivitas perusahaan dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Semakin ketatnya persaingan bisnis, PT Pertamina Refinery Unit III menyadari bahwa pentingnya menjaga dan memelihara reputasi positif melalui kegiatan yang bersifat sosial guna mensejahterakan lingkungan sekitarnya sebagai bagian dari proses bisnis yang berkelanjutan. Melalui program CSR biogas, Pertamina Refinery Unit III mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia yakni kotoran sapi supaya memiliki nilai guna sebagai bahan bakar untuk rumah tangga. Konsep utama yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pemahaman terkait CSR, strategi perencanaan CSR Coombs & Holladay dan reputasi perusahaan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan wawancara dan studi dokumen sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program CSR biogas Pertamina Refinery Unit III telah dijalankan secara konsisten dari tahun 2011. Berdasarkan tahapan strategi perencanaan CSR, program biogas juga telah berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan dari program, yaitu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia yakni kotoran sapi menjadi biogas supaya memiliki nilai guna. Reputasi perusahaan dimata peserta program dan masyarakat pun meningkat. Hal ini terlihat dari outcome dan output yang di dapatkan dari pelaksanaan program biogas ini. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara