Abstract :
Gaya hidup orang dewasa yang akan dilihat adalah gaya hidup yang yang digambarkan
oleh anak ? anak melalui bahasa verbal maupun non verbalnya di setiap scene. Dengan begitu,
peneliti menggunakan kajian semiotika Charles Sander Peirce yang mengklasifikasi tanda dalam
sebuah teks ke dalam tiga jenis, yaitu ikon, indeks, dan simbol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data
dengan studi teks, berupa video iklan Tri Indie+ Versi Cewek yang didapat akun resmi client,
yaitu Tri Indonesia di www.youtube.com.
Pada akhirnya, tujuan dari penelitian ini pun tercapai. Yaitu, peneliti menemukan bahwa
anak-anak menggambarkan gaya hidup orang dewasa yang kehidupannya di perkotaan, yaitu
dekat dengan kegiatan usaha atau bisnis. Anak-anak melihat atau menggambarkan gaya hidup
orang dewasa melakukan segala cara terkait dalam gaya hidupnya untuk memperlihatkan
kesuksesan atau terlihat dianggap sukses oleh orang lain. Anak mensatir gaya hidup orang
dewasa.