Abstract :
Penelitian ini membahas mengenai strategi Marketing Public Relations Hypermart
Dalam Membangun Awareness (Studi Tentang Program Hypermart Show).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan usaha retail modern dan
meningkatnya persaingan yang ketat untuk mendapatkan pangsa pasar dan
membangun awareness. Perusahaan dituntut untuk bersaing secara kompetititf
dalam membangun loyalitas konsumen dan menjaring konsumen baru Strategi
Marketing Public Relations menjadi salah satu strategi yang tepat dalam
membangun awareness ditengah banyaknya perusahaan ritel yang bertaraf yang
nasional maupun internasional yang telah dahulu memulai bisnis retail modern di
Indonesia.
Penelitian ini dikaji menggunakan konsep Marketing Public Relations,
model perencanaan Public Relations dari Seven Step Whalen?s dan Brand
awareness.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metodologi
penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data
mengunakan wawancara mendalam dan riset dokumen. Keabsahan data diuji
dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan strategi pull yang berfokus pada promosi
penjualan di realisasikan dalam bentuk edutaiment show. Melalui program
Hypermart Show yang ditayangkan di Indosiar dinilai belum mampu membangun
awareness dan membangun Service Branding, sedangkan Hypermart sendiri saat
ini awareness baru pada tahap brand recall dan program belum diukur secara
teknis sehingga dampak atau pegaruhnya terhadap pemasaran belum terlihat
secara signifikan.