Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Tina Kurdi Astuti , 7350406041
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2011-11-29 06:26:10
Abstract :
Tina Kurdi Astuti, 2010. Pengaruh product features, brand extension, dan media
communication terhadap keputusan pembelian laptop merek Toshiba (studi kasus pada
mahasiswa Universitas Negeri Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Semarang. 121 hal.
Kata Kunci : Product Features, Brand Extension, Media Communication, dan
Keputusan Pembelian
Kecanggihan teknologi (laptop) mempunyai peranan yang sangat penting dijaman
sekarang. Dalam dunia perkuliahan, laptop digunakan untuk menunjang kegiatan belajar
mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Permasalahan yang diajukan dalam
penelitian ini adalah adakah pengaruh product features, brand extension, dan media
communication terhadap keputusan pembelian dan variabel manakah yang paling dominan
pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh product features, brand extension, dan media communication terhadap keputusan
pembelian dan mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan
pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang
yang mempunyai laptop merek Toshiba. Sampel ditentukan dengan teknik simple random
sampling, dengan responden sebanyak 95 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif
persentase, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan
pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 5,502 + 0,320 X1 +
0,346 X2 + 0,361 X3. Koefisien regresi sebesar 0,478, koefisien determinasi (Adjusted R2)
sebesar 0,461, hal ini berarti 46,10% keputusan pembelian laptop merek Toshiba dipengaruhi
oleh product features, brand extension, dan media communication, sedangkan sisanya
53,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif antara product features, brand
extension, dan media communication terhadap keputusan pembelian dan variabel product
features yang lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian laptop merek Toshiba pada
mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Disarankan agar pihak perusahan lebih
meningkatkan penawaran pada fitur produknya, selalu menjaga kualitas pada setiap lini
produknya dengan merek yang sudah ada (Toshiba), serta lebih ditingkatkan lagi promosi
atas produk laptopnya dengan menggunakan alat komunikasi yang lebih beragam lagi
melalui media yang ada sehingga lebih menarik minat konsumen untuk membeli produknya,
dalam hal ini adalah laptop merek Toshiba.