Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Siwi Dyah Utami, 4401406027
Subject
QH301 Biology
Datestamp
2011-11-29 06:25:48
Abstract :
ABSTRAK
Utami, Siwi Dyah. 2010. Penerapan Pembelajaran dengan Praktikum Pembuatan Nata
pada Materi Daur Ulang Limbah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X
SMA N 2 Demak. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dr. Siti
Harnina Bintari, M.S, Dr.Ir. Priyantini Widyaningrum, M.S.
Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam
pembelajaran Biologi di SMA N 2 Demak khususnya pada materi Daur Ulang Limbah adalah
pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata di mana selain mendidik juga memungkinkan
siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat bagi
masyarakat. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas X SMA N 2 Demak pada materi Daur Ulang Limbah melalui pembelajaran
dengan praktikum pembuatan nata.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Demak kelas X pada Semester Genap Tahun
Ajaran 2009 / 2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Demak
yang terdiri dari 6 kelas. Adapun sampelnya adalah siswa kelas X-1 dan X-2. Kedua kelas
tersebut diberikan penerapan pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata pada Materi Daur
Ulang Limbah. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One-Shot Case Study.
Penilaian aktivitas terdiri dari peniliaian dalam ranah afektif dengan persentase sebesar
83,15% dan tergolong kriteria tinggi, sedangkan persentase aktivitas psikomotorik sebesar
90,21% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai jawaban LDS,
nilai tugas dan evaluasi akhir. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai
sebesar 75,86.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan praktikum
pembuatan nata dapat diterapkan pada Materi daur Ulang Limbah di SMA N 2 Demak yang
ditunjukan dengan tercapainnya indikator keberhasilan pembelajaran yaitu aktivitas siswa
mencapai tingkat aktif dan hasil belajar mencapai ketuntasan individu 70. Saran yang dapat
disampaikan yaitu Pembelajaran dengan praktikum pembuatan nata dapat dijadikan sebagai
salah satu alternatif model pembelajaran pada materi yang sesuai, khususnya pada materi Daur
Ulang Limbah.
Kata Kunci : Praktikum pembuatan nata, Materi Daur Ulang Limbah, One-Shot Case Study