Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Umi Syakiroh , 1402908232
Subject
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Datestamp
2011-11-29 06:25:32
Abstract :
Syakiroh, Umi. 2010. Penggunaan Logico untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Membilang
Banyak Benda, Penjumlahan, dan Pengurangan Bilangan di Kelas I SD
Negeri 01 Semaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang.
Skripsi. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Neger i
Semarang. Pembimbing I Dra.Noening Andr ijat i,M.Pd,
Pembimbing II Drs.Teguh Supriyanto,M.Pd. 174 ha laman.
Kata Kunci: Membilang banyak benda, Penjumlahan bilangan, Pengurangan bilangan,
Alat permainan Logico
Pembelajaran di Sekolah Dasar tidak dapat terlepas dari pembelajaran matematika.
Namun bagi siswa SD, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, hal
ini terbukti dengan rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya
materi membilang banyak benda, penjumlahan, dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I SD
Negeri 01 Semaya. Hal ini, disebabkan karena guru menggunakan metode pembelajaran yang
konvensional berupa penggunaan metode ceramah tanpa penggunaan alat pembelajaran yang
sesuai materi. Keadaan ini yang menjadikan pembelajaran tidak menarik, membosankan, siswa
kurang aktif, dan kurang memahami konsep, yang pada ahirnya hasil belajar dan keaktifan
siswa rendah. Berdasarkan uraian di atas penulis berusaha meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan siswa dengan menggunakan alat permainan Logico. Permasalahan yang diangkat
dalam penelitian ini yaitu apakah alat permainan Logico dapat meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan belajar siswa pada materi membilang banyak benda, penjumlahan, dan pengurangan
bilangan kelas I SD Negeri 01 Semaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil
belajar, keaktifan belajar siswa dan performansi guru pada materi membilang banyak benda,
penjumlahan, dan pengurangan bilangan di kelas I SD Negeri 01 Semaya kecamatan
Randudongkal kabupaten Pemalang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas. Subjek yang dilakukan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu Siswa kelas I SD Negeri 01
Semaya berjumlah 34 siswa. Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus melalui 4 tahapan
yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes
hasil belajar dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan analisis
data kualitatif. Indikator keberhasilan yang dicapai yaitu hasil tuntas belajar klasikal (skor ? 60)
mencapai 75 %, nilai keaktifan siswa 75% dan nilai performansi guru minimal 75.
Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata tuntas belajar klasikal pada
pra siklus sebesar 44%. Pada siklus I tuntas belajar klasikal 71%, sedangkan pada siklus II
meningkat menjadi 85% atau terjadi peningkatan 14%. Selain hasil belajar, keaktifan siswa juga
mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72 % dan pada siklus II mencapai 85% atau terjadi
peningkatan 13%. Nilai performansi guru juga meningkat, pada siklus I 72,9 dan siklus II
mencapai 87,6.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan alat permainan Logico dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri
01 Semaya pada materi membilang banyak benda, penjumlahan, dan pengurangan bilangan.