Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Indah Kusuma Astuti , 4401406052
Subject
QH301 Biology
Datestamp
2011-11-29 06:23:33
Abstract :
ABSTRAK
Kusuma Astuti, Indah. 2010. Pengembangan Asessmen Portofolio pada Pembelajaran
Biologi untuk Memenuhi Standar Penilaian KTSP. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA
Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Sri Mulyani ES, M. Pd dan Dr. Ir. Priyantini
Widiyaningrum, M.S.
Penilaian dalam KTSP menganut prinsip penilaian berkelanjutan dan komprehensif guna
mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja sama, dan menilai diri sendiri.
Karena itu, penilaian dilaksanakan dalam kerangka penilaian berbasis kelas (PBK). Selama ini
cara penilaian yang digunakan di SMA N 2 Ungaran yaitu menggunakan paper and pen test
yang belum banyak mengukur motivasi, kinerja, partisipasi dan proses belajar yang dilakukan
siswa. Proses penilaian yang selama ini diterapkan hanya dilakukan di akhir pokok bahasan
sehingga lebih mengukur hasil belajar siswa saja, tetapi kurang memberikan informasi yang
lengkap mengenai proses pembelajaran. Salah satu alternatif penilaian yang komprehensif adalah
dengan menggunakan penilaian berbasis portofolio (portfolio based asessment). Sistem penilaian
berbasis portofolio mencatat dan mendokumentasikan indikator proses dan hasil belajar siswa
dalam suatu bundel (portfolio). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan asessmen
portofolio pada pembelajaran biologi di SMA N 2 Ungaran yang memenuhi standar penilaian
KTSP.
Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Ungaran semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010
dengan rancangan penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah
format asessmen portofolio. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas format asessmen
portofolio pada pembelajaran biologi. Sedangkan instrumen pengambilan data yang digunakan
adalah angket kuisioner tertutup dan panduan wawancara.
Hasil penelitian diperoleh format asessmen portofolio dengan hasil tanggapan guru pada uji
coba pertama, uji coba kedua dan penerapan produk sebesar 72,91 %, 77,08 % dan 81,25 %.
Tanggapan siswa pada uji coba pertama, uji coba kedua dan penerapan produk sebesar 76,04 %,
76,54 % dan 76,69 %. Persentase tanggapan guru dan siswa tersebut dalam kriteria baik.
Simpulan penelitian adalah melalui uji coba dihasilkan produk format asessmen portofolio
yang sesuai dengan standar penilaian KTSP yaitu format asessmen portofolio yang meliputi 7
bagian berupa identitas pemilik portofolio, lembar penilaian tes ulangan harian, lembar penilaian
tugas terstruktur, lembar penilaian perilaku harian, lembar penilaian ekstrakurikuler, nilai akhir
portofolio dan refleksi. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengkaji tentang
efektivitas penerapan asessmen portofolio dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Asessmen portofolio, Pembelajaran Biologi, Standar penilaian KTSP
iv