Abstract :
vii
ABSTRAK
Mualafah. 2010. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan
Konstruktivisme Berbantuan Media Compact Disc (CD) Pembelajaran dan LKPD
Materi Kubus dan Balok Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA
UNNES. Dr. St. Budi Waluyo, M.Si dan Endang Sugiharti, S,Si, M.Kom.
Kata kunci: Konstruktivisme, CD Pembelajaran, LKPD, Hasil Belajar, Kubus,
Balok.
Pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan
media CD pembelajaran dan LKPD dilakukan pada kelas eksperimen dan
pembelajaran ekspositori disertai LKPD pada kelas kontrol. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) apakah peserta didik kelas eksperimen dapat
mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah motivasi belajar dan keaktifan peserta
didik berpengaruh terhadap hasil belajar, dan (3) apakah hasil belajar peserta didik
kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP
N 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Dengan cara cluster random sampling
terpilih sampel 2 kelas yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII-5 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitiannya meliputi hasil belajar,
motivasi dan keaktifan peserta didik. Data diambil dengan metode tes, observasi
dan angket, kemudian diolah dengan uji banding t, uji proporsi, dan uji pengaruh
regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik kelas eksperimen
dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu ketuntasan belajar individual dengan nilai
KKM 65 dan ketuntasan belajar klasikal dapat mencapai 80%; (2) terdapat
pengaruh motivasi (??) terhadap hasil belajar ??? sebesar 83,2% dengan
persamaan estimator ??= ?74,165 ? 1,960 ??, keaktifan (??) terhadap ? sebesar
85,4% dengan persamaan estimator ??= ?22,534 ? 1,318 ??, motivasi (??) dan
keaktifan (??) terhadap hasil belajar (?) sebesar 90% dengan persamaan estimator
??= ?54,236 ? 0,952 ?? ? 0,766 ??; dan (3) rata-rata hasil belajar peserta didik
pada kelas eksperimen 77,00 lebih baik daripada kelas kontrol 70,13. Berdasarkan
ketiga hasil penelitian tersebut menunjukkan efektivitas pembelajaran tercapai.