Abstract :
Sokhidin, 2010. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung
Campuran MelaluiPendekatan Realistik pada Kelas II SD Negeri Margasari 06
Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Semarang Pembimbing I Dra. Noening Andrijati, M.Pd; 2. Drs.
Utoyo, 128 Halaman
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Soal Cerita, Pendekatan Realistik
Latar belakang dalam penelitian skripsi ini bahwa hasil belajar matematika dalam
menyelesaikan soal cerita yang dicapai siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam
pembelajaran matematika di SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal
hanya bersifat teoritis. Guru belum menggunakan alat peraga/media secara maksimal, guru tidak
mengaitkan soal cerita dengan kehidupan sehari-hari, dan guru belum menerapkan metode
pengajaran yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana proses
hasil belajar siswa kelas II semester genap tahun 2009/2010 SD Negeri Margasari 06 dengan
menggunakan pendekatan realistik dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran
perkalian dengan pembagian dapat ditingkatkan?
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika
realistik dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung campuran perkalian
dengan pembagian pada siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari
Kabupaten Tegal. Penelitian ini bermanfaat utuk meningkatnya pemahaman dan keterampilan
dalam menyelesaikan soal cerita dengan pendekatan realistik pada pokok bahasan oerasi hitung
campuran perkalian dengan pembagian, guru memperoleh informasi tentang pendekatan realistik
dalam pembelajaran matematika SD dan dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran
matematika pada siswa kelas II di SD Negeri Margasari 06 menlalui pendekatan realistik.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan
Margasari Kabupaten Tegal sebanyak 35 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 14 siswa
perempuan. Penelitian ini di awali dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk memperoleh
gambaran awal kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian dan pembagian dengan
operasi hitung bilangan. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas
belajar siswa dalam proses belajar mengajar, dan performansi guru, indikator keberhasilan PTK
ini rata-rata hasil belajar sekurang-kurangnya 60, persentase tuntas klasikan sekurang-kurangnya
75 %, skor aktivitas belajar siswa lebih dari 75 % dan nilai kinerja guru (performansi guru)
minimal B.
Hasil penelitian siswa kelas II SD Negeri Margasari 06 Kecamatan Margasari Kabupaten
Tegal pada tahun pelajaran 2009/2010, menunjukkan hasil yang diperoleh pada siklus I rata-rata
prestasi belajar sebesar 64, skor aktivitas siswa 72 %dan skor performansi guru sebesar 70%.
Pada siklus II rata-rata prestasi belajar 77, skor aktivitas siswa sebesar 94 %, dan skor
performansi guru sebesar 94% terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II rata-rata prestasi
belajar 13, skor aktivitas belajar siswa sebesar 22 % dan skor performansi guru 24%.
Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini adalah dalam
pendekatan realistik siswa mampu mengembangkan diri dalam memecahkan masalah yang dapat
diimplementasikan melalui matematika di lingkungannya. Saran yang disampaikan kaitannya
dengan hasil penelitian adalah guru dalam mengajar matematika hendaknya mengaitkan
lingkungan siswa sebagia sumber belajar dan di implementasikan dalam bentuk soal cerita secara
realistik.