Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Isa Ayu Lestyasih , 2101406676
Subject
PI1 Indonesia
Datestamp
2011-11-29 06:21:27
Abstract :
ii
SARI
Lestyasih, Isa Ayu. 2010. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif untuk
Menemukan Masalah Utama dari Beberapa Berita yang Bertopik Sama
dengan Teknik Sampling pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 3 Getasan
Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing I Drs. Suparyanto, Pembimbing II Drs. Mukh.
Doyin, M.Si
Kata Kunci : keterampilan membaca ekstensif, masalah utama, berita, dan teknik
sampling.
Membaca sebagai salah satu kemampuan dasar perlu mendapat perhatian
khusus dari semua pihak, baik sekolah sebagai penyelenggara pendidikan,
masyarakat, maupun pemerintah. Kemampuan siswa kelas VIIIC SMP 3 Getasan
Kabupaten Semarang dalam keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan
masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama bisa dibilang masih rendah.
Faktor-faktor yang menyebabkan keterampilan membaca ekstensif kelas VIIIC SMP
Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang rendah, yaitu; (a) faktor intrinsik (faktor yang
berasal dari dalam diri pembaca). Faktor intrinsik meliputi kepemilikan kompetensi
berbahasa, niat, motivasi, dan kemampuan membaca siswa. Keluhan sebagian siswa
adalah (1) bacaan yang disajikan kurang menarik, (2) tidak terbiasa membaca
ekstensif, dan (3) tidak mengetahui teknik-teknik dalam membaca ekstensif untuk
menemukan masalah utama. Akibatnya, kemampuan membaca siswa masih rendah
dalam memahami sebuah teks berita. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam
menemukan masalah utama belum mampu menyimpulkan isi teks berita yang
bertopik sama dengan baik; (b) faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari
luar diri pembaca yang meliputi faktor guru, sarana, dan lingkungan. Kurangnya hasil
belajar siswa dalam membaca khususnya membaca ekstensif untuk menemukan
masalah utama dapat disebabkan oleh cara pembelajaran guru masih klasikal dan
monoton. Siswa hanya sebagai pendengar, tidak ikut secara langsung dalam
pembelajaran.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah
peningkatan keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dari
beberapa berita yang bertopik sama pada siswa kelas VIIIC SMP 3 Getasan
Kabupaten Semarang dengan menerapkan teknik Sampling, dan (2) bagaimanakah
perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP 3 Getasan Kabupaten Semarang setelah
diadakan pembelajaran tentang membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama
dari beberapa berita yang bertopik sama dengan menerapkan teknik Sampling. Tujuan
dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca
iii
ekstensif untuk menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama
dengan menggunakan teknik Sampling. Selain itu, untuk mengetahui keefektifan
keterampilan membaca dengan menggunakan teknik Sampling, dan (2)
mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIC SMP 3 Getasan Kabupaten
Semarang setelah diadakan pengajaran membaca ekstensif untuk menemukan
masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama dengan menggunakan teknik
Sampling.
Berdasarkan hasil analisis data tes, diketahui bahwa keterampilan membaca
ekstensif teks berita untuk menemukan masalah utama siswa kelas VIIIC SMP
Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang setelah mengikuti pengajaran membaca
ekstensif untuk menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama
dengan menggunakan teknik sampling telah terbukti mengalami peningkatan. Hasil
tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60 pada siklus II nilai rata-rata kelas
sebesar 80. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi
peningkatan sebesar 20. Jadi, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%.
Peningkatan keterampilan membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama dari
beberapa berita yang bertopik sama tersebut diikuti dengan perubahan perilaku siswa
ke arah positif, yaitu siswa semakin aktif dan antusias dengan pengajaran membaca
ekstensif untuk menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama
dengan teknik sampling.
Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti rekomendasikan: (1)
guru hendaknya menggunakan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam
pembelajaran membaca ekstentif diantaranya dengan menggunakan teknik membaca
sampling dalam pembelajaran membaca ekstentif untuk menemukan masalah utama
dari beberapa berita yang bertopik sama sehingga keterampilan membaca siswa
semakin meningkat, (2) siswa diharapkan dapat memanfaatkan teknik sampling
dalam pembelajaran membaca ekstensif supaya siswa menjadi lebih mengerti tentang
membaca ekstensif, khususnya membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama
dari beberapa berita yang bertopik sama, dan (3) para pakar atau praktisi di bidang
pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik
pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik
pembelajaran membaca.