Abstract :
Fauzi, Rizal. 2010. Pengaruh Internet Terhadap Prestasi Belajar IPS Sejarah Kelas X semester
II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Pendidikan Sejarah,
Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: (I) Drs. Subagyo, M.Pd. (II)
Drs. Abdul Muntholib, M.Hum.
Kata Kunci: penggunaan Internet, prestasi belajar
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia,
dimana komputer yang tersambung ke Internet menyediakan informasi yang terbuka untuk
umum. Dewasa ini pemanfaatan Internet sangat banyak dilakukan, hal ini tidak terlepas dari
kegiatan pengguna Internet untuk mencari informasi demi menunjang kegiatan pengguna sendiri.
Pemanfaatan Internet merupakan hal yang efektif dan efisien dari pada menggunakan media lain,
seperti buku, majalah, dokumentasi lapangan, dan sebagainya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya
informasi yang ada di Internet, jutaan bahkan ratusan juta informasi yang siap diunduh oleh
pengguna. Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang juga memanfaatkan Internet untuk
menunjang pembelajaran mereka, dari mencari informasi tugas sekolah sampai memanfaatkan
Internet sebagai media hiburan. Pemanfaatan Internet sendiri diharapkan bisa meningkatakan
presatasi belajar siswa. Masalah yang diteliti adalah: Bagaimana penguasaan siswa SMAN 1
Bandar Kabupaten Batang kelas X Semester II terhadap penggunaan internet Tahun ajaran
2009/2010? Adakah pengaruh penggunaan internet terhadap Prestasi belajar IPS Sejarah siswa
kelas X Semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun ajaran 2009/2010? maka tujuan
penelitian ini untuk mengetahui penguasaan siswa dalam mengenal Internet, penggunaan
Internet, pemanfaatan Internet dalam mendukung pembelajaran, dan pengaruh penggunaan
Internet terhadap prestasi belajar IPS Sejarah Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten
Batang Tahun Ajaran 2009/2010.
Dalam penelitian ini ada dua variabel yang digunakan yaitu pemanfaatan Internet (X) dan
prestasi belajar (Y). Pemanfaatn intenet ini menggunakan tiga sub variabel yakni mengenal
Internet, penggunaan Internet, dan alasan pemanfaatan Internet. Metode dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif korelasional. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan
metode angket dan dokumentasi. Untuk mengambil sampel dari populasi siswa Kelas X semester
II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang menggunakan teknik random sampling. Sedangkan teknik
analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dalam pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode angket, Tes, Wawancara dan dokumentasi. Populasinya
adalah seluruh siswa Kelas X semester II SMAN 1 Bandar Kabupaten Batang dan sampel
sebanyak 30 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik
deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan dari hasil angket yang disebarkan dalam penelitian, maka setelah
dimasukkan ke dalam rumus Deskriptif Persentase kemudian didapatkan hasil sebesar : 78 %,
sehingga dapat ditafsirkan bahwa penguasaan internet kelas X di SMA Negeri 1 Bandar
Kabupaten Batang Tahun 2009/2010 termasuk dalam kategori Baik. Disamping menggunakan
angket, untuk mengetahui tentang penguasaan penggunaan internet internet kelas X di SMA
Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang Tahun 2009/2010 juga dilakukan dengan wawancara
dengan beberapa guru dan murid. Hasil wawancara dengan beberapa guru menunjukan bahwa
sebagian besar siswa bisa berinternet dalam kaitantanya untuk menunjang pembelajaran.
Berdasarkan hasil Uji hipotesis diperoleh pengaruh yang positif dan signifikan antara
pemanfaatan Internet dengan prestasi belajar siswa, terbukti nilai rxy= 0,378 dengan taraf
signifikansi 0,05 (r tabel 0,361), berarti r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung > r tabel )
artinya hipotesis dari penelitian dapat diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran antara lain
sebagai berikut : 1) Mengingat masih ditemukan sebagian kecil dari siswa yang belum
bisaberinternet dalam kaitanya untuk menunjang pembelajaran, maka hal ini harus menjadi
perhatian guru khususnya guru TIK agar siswa tadi bisa menggunakanya terutama dalam
mendukung untuk membuat tugas, 2) Mengingat internet juga membawa dampak negatif, maka
bagi para Guru untuk terus memberikan bimbingan moral kepada siswanya agar hal-hal yang
bersifat negatif bisa dihindari.