Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Hesti Hayu Handayani, 4201406030
Subject
QC Physics
Datestamp
2015-04-25 04:14:45
Abstract :
Fisika merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam yang
tergolong tidak mudah dipahami, sehingga ketuntasan belajar pada mata pelajaran
fisika termasuk rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Kondisi ini
makin parah apabila guru yang mengajarkannya kurang dapat membangkitkan
peran serta siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan menggabungkan
permainan serta penggunaan media dirasa mampu digunakan dalam pencapaian
hasil belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
bagaimana keberhasilan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-
Tournament (TGT) Model Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
pembelajaran kooperatif tipe TGT model ular tangga ini diterapkan pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara. Data hasil belajar kognitif diperoleh
ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yang signifikan dari 65% menjadi
98% pada siklus I dan 100% pada siklus II, dengan nilai rata-rata dari 65 menjadi
79 pada siklus I dan 83 pada siklus II. Hasil belajar afektif dari 63% menjadi 80%
pada siklus I dan 90% pada siklus II, sedangkan hasil belajar psikomotorik dari
60% menjadi 83% pada siklus I dan 95% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) model ular tangga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keling Jepara.