DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERSTRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Riva Ismawati, 4301406005
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2011-11-29 07:18:58 
Abstract :
Ismawati, Riva. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berstrategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Semarang. Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dra. Saptorini, M. Pi; Dosen Pembimbing II: Dra. Nanik Wijayati, M. Si. Kata Kunci : pembelajaran inkuiri; strategi REACT; hasil belajar. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berstrategi REACT terhadap hasil belajar serta menentukan besar kontribusinya pada hasil belajar. Manfaat yang diharapkan yaitu perbaikan kondisi pembelajaran mata pelajaran kimia kelas XI melalui kegiatan pembelajaran kontruktivisme. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Reguler SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran 2009/2010. Analisis tahap awal menunjukkan populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakuan lebih baik daripada kelas kontrol, yaitu masing-masing sebesar 75,52 dan 67,14. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,85) > ttabel (1,66), sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,58 dan thitung (5,68) > ttabel (1,99), sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan. Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri berstrategi REACT ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 33,64%. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal sedangkan kelas kontrol belum. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri berstrategi REACT berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 4 Semarang.  

Institution Info

Universitas Negeri Semarang