Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Lingga Cahya Farista , 3501407054
Subject
HM Sociology
Datestamp
2015-04-25 07:47:03
Abstract :
vi ii
SARI
Lingga Cahya Farista. 2011. Penggunaan Internet Sebagai Penunjang Kegiatan
Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas X ICT SMA Negeri 4
Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Sosiologi dan Antropologi,
FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I :
Dra. Elly Kismini, M.Si, II : Arif Purnomo, S.Pd, S.S., M.Pd.
Kata kunci : Penggunaan internet, KBM, Sosiologi
Setiap tingkatan kelas, baik kelas X, XI, maupun XII di SMA Negeri 4
Semarang masing-masing memiliki satu kelas ICT. Untuk kelas XI dan XII karena
sudah mengalami penjurusan, maka pihak sekolah menenetapkan bahwa kelas
ICT dikhususkan untuk jurusan IPA sehingga tidak ada mata pelajaran Sosiologi
dalam proses pembelajarannya. Sedangkan untuk kelas X ICT mata pelajarannya
masih bersifat umum, baik IPA maupun IPS sehingga terdapat mata pelajaran
Sosiologi dalam pembelajarannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian
adalah (1) Bagaimana profil kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang tahun ajaran
2010/2011? (2) Bagaimana penggunaan internet sebagai penunjang kegiatan
belajar mengajar pada mata pelajaran sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4
Semarang? (3) Kendala-kendala apa yang terjadi dalam penggunaan internet
sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran sosiologi di
kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang?
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Diperoleh 10
informan yaitu 8 siswa kelas X ICT, guru Sosiologi dan kepala SMA Negeri 4
Semarang. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelas X ICT SMA Negeri 4
Semarang tahun ajaran 2010/2011 merupakan kelas khusus yang yang para
siswanya difokuskan untuk mewakili olimpiade. Kelas X ICT memiliki perbedaan
jika dibanding kelas reguler yaitu kelas ini menggunakan fasilitas internet secara
langsung dalam proses pembelajaran, jumlah siswa lebih sedikit dibandingkan
kelas reguler yang lain yaitu 32 siswa. Ruang kelas ini lebih nyaman dibanding
kelas yang lain karena dilengkapi AC. Sedangkan sistem rekrutmen kelas X ICT
adalah dengan diadadakan tes untuk mata pelajaran MIPA. (2) Penggunaan
internet sangat menunjang dalam proses pembelajaran Sosiologi di kelas X ICT
SMA Negeri 4 Semarang, terutama informasi yang diperoleh yang aktual dan
faktual dan tidak terbatas pada batas wilayah atau negara bahkan dapat
menjangkau informasi dari seluruh dunia. Tidak semua pokok bahasan di kelas X
ICT memanfaatkan media internet, materi sosiologi yang menggunakan media
internet antara lain adalah interaksi sosial, perubahan sosial, perilaku menyimpang
dan pengendalian sosial. (3) Kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan
internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran
Sosiologi di kelas X ICT SMA Negeri 4 Semarang meliputi kendala teknis dan
penyalahgunaan internet oleh siswa. Kendala teknis yaitu akses internet yang
lambat, hal ini disebebkan karena program atau software terkena virus. Sedangkan
penyalahgunaan akses internet yang dilakukan oleh siswa seperti bernain game,
facebook, twitter dan download lagu sehingga kelas menjadi sangat ramai. Akses
internet yang lambat, hal ini disebebkan karena program atau software terkena
virus.
Saran yang diajukan adalah (1) bagi pengelola kelas ICT SMA Negeri 4
Semarang, sebaiknya manajemen kelas ICT perlu ditingkatkan seperti
meningkatkan kinerja hardware dengan memperbaiki hardware dan
memperbaharui software sehingga kendala karena hardware yang ketinggalan
atau kendala adanya virus dalam program komputer dapat ditangani, (2) bagi guru
SMA Negeri 4 Semarang khususnya guru sosiologi, sebaiknya mengikuti
pelatihan atau kursus singkat seperti workshop tentang penggunaan internet agar
proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Sosiologi di kelas ICT
berlangsung lebih efektif, (3) Bagi guru sosiologi SMA Negeri 4 Semarang,
pembelajaran sosiologi berbasis internet sebaiknya dikembangkan lagi menjadi
pembelajaran yang berbasis e-learning misalnya dengan membuat blog/website
khusus untuk mata pelajaran sosiologi