DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Strategi Sinektik dengan Media Gambar Komik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Novita Nur Hidayanti, 2101405651
Subject
PK Indo-Iranian 
Datestamp
2015-04-25 03:53:20 
Abstract :
Menulis kreatif naskah drama merupakan keterampilan bersastra yang bersifat fungsional bagi pengembangan diri untuk kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, menulis naskah drama harus mendapat perhatian khusus dalam pengajaran bahasa dan sastra di sekolah. Pembelajaran drama dimaksudkan agar siswa mampu memetik nilai-nilai positif yang terkandung dalam drama. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya variasi strategi dan media yang digunakan guru sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis naskah drama. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi sinektik dan media gambar komik yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan strategi sinektik dan media gambar komik. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan strategi sinektik dengan media gambar komik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara, setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menulis naskah drama menggunakan strategi sinektik dengan media gambar komik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 68. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari Jepara sebanyak 38 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan kemampuan menulis naskah drama dan penggunaan strategi sinektik dengan media gambar komik. Pengumpulan data pada tahap siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menulis naskah drama siswa menggunakan strategi sinektik dengan media gambar komik. Teknik nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam pembelajaran ix menulis naskah drama. Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 63,18. Peningkatan keterampilan mrnulis naskah drama terjadi pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 70,42 terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 7,42% Pembelajaran menulis naskah drama menggunakan strategi sinektik dengan media gambar komik mampu mengubah perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Nalumsari. Siswa yang sebelumnya tidak memperhatikan pembelajaran menulis menjadi lebih kreatif untuk menulis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia, hendaknya menggunakan strategi sinektik dan media gambar komik dalam memberikan latihan menulis kreatif kepada siswa secara teratur. Bagi siswa hendaknya sering berlatih menulis, agar dapat terampil menulis naskah drama. Dengan demikian, pembelajaran menulis naskah drama akan menjadi menyenangkan. Bagi para peneliti lain dapat melakukan penelitian lanjutan yang serupa dengan penelitian ini untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaraan Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah. 

File :
6061.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang