Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ayu Dwi Amilia R , 1550406528
Subject
HC Economic History and Conditions
Datestamp
2015-04-25 07:47:15
Abstract :
Banyaknya produk minuman ringan yang ditawarkan kepada konsumen, maka
konsumen harus lebih selektif dalam memilih minuman ringan yang mereka konsumsi. Hal
ini dapat terlihat dari banyaknya jenis dan brand minuman ringan yang ditawarkan. Hal
tersebut menjadi peluang bagi para pengusaha khususnya industri minuman ringan untuk
menyediakan kebutuhan konsumen tersebut. Dunia yang semakin global menjadi
tantangan bagi perusahaan karena persaingan semakin ketat dan konsumen menjadi
semakin banyak pilihan. Salah satu produk yang membuat minuman ringan dengan rasa
buah adalah produk minute maid pulpy orange. Usaha yang terbaik untuk menjaring
konsumen adalah dengan cara menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan
selera masyarakat. Oleh karena itu produk minute maid pulpy orange mulai berinovasi
dengan membuat minuman ringan yang mengandung bulir jeruk asli. Sehingga masyarakat
dapat memutuskan untuk membeli produk bila produk tersebut memiliki brand image yang
baik dimata masyarakat.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah pengaruh
positif yang signifikan antara brand image dengan keputusan membeli. Penelitian ini
dilaksanakan di minimarket indomaret dan alfamart diwilayah kecamatan pedurungan
Semarang. Subjek penelitian berjumlah 50 orang yang ditentukan menggunakan teknik
aksidental (accidental sampling). Brand image diukur dengan menggunakan skala Brand
Image. Skala brand image mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,914. Skala brand image
mempunyai 29 aitem valid dari aitem awal sejumlah 37 aitem. Sedangkan keputusan
membeli diukur dengan menggunakan skala keputusan membeli. Skala keputusan membeli
mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,951. Skala keputusan membeli mempunyai 40 aitem
valid dari aitem awal sejumlah 41 aitem. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan variabel brand image pada subjek penelitian berada
pada kategori sedang sampai tinggi yang berarti bahwa brand image yang dimiliki
konsumen cukup baik. Variabel keputusan membeli pada subjek penelitian berada pada
kategori sedang sampai tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif antara brand image dengan keputusan membeli dengan nilai r = 0,599 dengan
nilai signifikansi atau p = 0,000.