Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Sari Yuniarti , 2101407002
Subject
PI1 Indonesia
Datestamp
2015-04-25 07:47:17
Abstract :
Menulis merupakan kegiatan kompleks yang membutuhkan pengetahuan
dan keterampilan untuk menyampaikan suatu pesan kepada orang lain dengan
medium bahasa yang telah disepakati bersama dan tidak secara tatap muka. Salah
satu keterampilan menulis tersebut adalah keterampilan menulis petunjuk yang
merupakan keterampilan yang harus dimiliki pada jenjang sekolah dasar.
Keterampilan menulis petunjuk bertujuan untuk memberi ketentuan, pedoman,
atau pengarahan dalam mengerjakan sesuatu. Peningkatan keterampilan menulis
petunjuk perlu ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan dan media belajar
yang tepat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata
pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis
petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus masih rendah.
Rendahnya keterampilan menulis petunjuk disebabkan oleh faktor internal atau
dari siswanya dan faktor eksternal atau dari lingkungan sekitar.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) peningkatan
keterampilan menulis petunjuk pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo
Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan
PAIKEM melalui media permainan origami dan (2) perubahan perilaku siswa
kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran
menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis petunjuk pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah
mengikuti pembelajaran menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui
media permainan origami; dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa
kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus setelah mengikuti pembelajaran
menulis petunjuk dengan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah keterampilan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01
Tanjungrejo Kudus. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel yaitu (1)
keterampilan menulis petunjuk dan (2) pendekatan PAIKEM melalui media
permainan origami. Dalam pengumpulan data pada siklus I dan siklus II
digunakan teknik tes dan nontes dengan penerapan teknik pembelajaran. Tes yang
digunakan adalah tes unjuk kerja berupa penugasan menulis petunjuk, sedangkan
teknik nontes yang digunakan berupa observasi, catatan harian siswa, catatan
harian guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Dalam penelitian ini digunakan
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk
menganalisis dan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Sementara itu,
teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan hasil nontes
siklus I dan siklus II.
Penggunaan pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami pada
pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis
petunjuk. Peningkatan ini dapat diketahui dari hasil tes yang dilakukan pada siswa
kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus yang meliputi tes prasiklus, siklus I,
dan siklus II. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 63,65. Pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 69,45. Terjadi peningkatan hasil
keterampilan menulis petunjuk sebesar 5,8 poin atau 9,11%. Pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,14. Jadi peningkatan keterampilan
menulis petunjuk dari prasiklus ke siklus II adalah 16,49 poin atau 25,9% dan dari
siklus I sampai siklus II adalah 10,69 poin atau 15,39%. Peningkatan keterampilan
menulis petunjuk ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas kelas IV SD
Negeri 01 Tanjungrejo Kudus yang berubah ke arah yang positif. Pada siklus II
siswa terlihat lebih tertarik, lebih aktif, dan makin bersemangat mengikuti
pembelajaran terhadap pendekatan yang digunakan guru.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah
keterampilan menulis petunjuk siswa kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus
mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang lebih positif setelah
mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan PAIKEM melalui media
permainan origami. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyampaikan kepada guru
khususnya guru kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus untuk menggunakan
pendekatan PAIKEM melalui media permainan origami pada pembelajaran
menulis petunjuk. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian
pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis petunjuk.