Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
ADI WIRANTO , 6102909151
Subject
Education, Training, Research
Datestamp
2015-04-25 07:47:21
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan model
pembelajaran lompatjauh gaya jongkok dalam penjasorkes dengan lingkungan
bantaran sungai pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model
pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dalam penjasorkes dengan lingkungan
bantaran sungai pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Jebed Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 18. Variabel
bebas yaitu latihan lompat naik turun jalan bantaran sungai dan latihan loncat
katak, serta varibel terikat yaitu tingkat kemampuan siswa dan tingkat motivasi
siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji coba I dengan 10 siswa di
peroleh rata-rata kelas sebesar 63.12% dengan kriteria cukup layak dengan revisi
produk. Kemudian pada uji coba II dengan menambah jumlah siswa menjadi 18
diperoleh rata-rata kelas sebesar 80.9% dengan kriteria sangat baik dan layak
digunakan dengan minat siswa yang didapat dari pengambilan angket sebesar
90% - 100%. Berdasarkan data tersebut sangat jelas menunjukan bahwa tingkat
keberhasilan dan siswa dalam mengikuti model pembelajaran lompat jauh gaya
jongkok dengan lingkungan bantaran sungai sangat signifikan dan diminati oleh
siswa.
Dari hasil penelitian, disarankan pada guru-guru Penjasorkes di SD dalam
meningkatkan keberhasilan pembelajaran lompat jauh serta motivasi siswa dapat
melakukan pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan
lingkungan bantaran sungai ataupun dengan lingkungan lainnya