Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Fatchurohman , 3352404540
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2015-04-25 07:47:51
Abstract :
Hotel sebagai perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa penginapan,
mempunyai peranan sebagai penyedia jasa penginapan bagi konsumen yang
membutuhkan jasa penginapan. Perusahaan jasa yang baik tentunya akan
mempelajari perilaku pembeli guna memahami mengapa dan bagaimana pembeli
bersedia membeli produk atau jasa perusahaan, dengan mempelajari perilaku
pembeli serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli,
perusahaan akan mengetahui kesempatan baru yang berasal dari belum terpenuhinya
kebutuhan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana
pengaruh harga terhadap keputusan menginap konsumen di Hotel Kudus Permata
Slawi, Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan menginap
konsumen di Hotel Kudus Permata Slawi, Bagaimana pengaruh dari harga dan
kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan menginap konsumen di Hotel
Kudus Permata Slawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
harga terhadap keputusan menginap konsumen, Untuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan terhadap keputusan menginap konsumen dan Untuk mengetahui pengaruh
harga dan kualitas layanan secara simultan terhadap keputusan menginap konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang menggunakan jasa
Hotel Kudus Permata dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden dan
menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan rumus iterasi dari
Ating Somantri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
persentase dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian dengan analisis deskriptif persentase menunjukkan harga
dan kualitas layanan dalam kategori baik. Hasil uji analisis regresi berganda
diperoleh Y = 9,514 + 0,829X1 + 0,378X2. Berdasarkan hasil uji parsial diperoleh
pengaruh harga dengan keputusan menginap adalah (0,565)2 = 31,9%, variabel
kualitas layanan dengan keputusan menginap adalah (0,496)2 = 24,6%. Hasil
pengujian secara simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 65,674 dan sig 0,000 <
0,05.dikarenakan Fhitung (65,674) > Ftabel (3,92) dengan demikian variabel independen
harga dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen
keputusan menginap konsumen. Hasil koefisien determinasi yang sudah disesuaikan
(Adjusted R Square) sebesar 52,9% ini berarti keputusan menginap konsumen hotel
Kudus Permata dipengaruhi oleh harga dan kualitas layanan dan sisanya 47,1%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan harga dan
kualitas layanan terhadap keputusan menginap konsumen hotel Kudus Permata
secara parsial maupun simultan. Saran yang dapat diberikan terkait dengan hasil
penelitian adalah dari segi harga, Hotel Kudus permata dalam menetapkan harga
produknya sudah terjangkau oleh setiap segmen, namun alangkah baiknya selain
harga yang terjangkau perlu diperhatikan juga fasilitas yang ada dengan cepat
melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan fasilitas, serta pihak Hotel Kudus
Permata Slawi perlu memperhatikan dan melakukan peningkatan dalam keandalan
melayani konsumen seperti tepat waktu saat melayani konsumen serta tanggap
terhadap permintaan yang dibutuhkan konsumen.