DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ermalita Inayatun HS , 2102407182
Subject
PI1 Indonesia 
Datestamp
2015-04-25 07:47:55 
Abstract :
Proses penyelenggaraan pendidikan cenderung memberi perlakuan yang standar kepada semua siswa, padahal setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda. Pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus menggunakan silabus dari MGMP Kabupaten Kudus yang telah dimodifikasi oleh guru dengan menyesuaikan kemampuan siswa. Di MTs NU Banat memberikan pelayanan pendidikan dengan mengacu pada silabus yang telah dimodifikasi oleh guru dengan menyesuaikan kemampuan siswa. Pembelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus adalah 2 jam pelajaran selama seminggu, sedangkan pembelajaran bahasa Jawa di MTs NU Banat adalah 1 jam pelajaran selama seminggu. Dengan adanya perbedaan alokasi waktu tersebut, diduga mempengaruhi perbedaan pengembangan pada komponen-komponen lain dalam silabus (kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan penilaian). Oleh karena itu, perbedaan pengembangan silabus dirasa pantas untuk dikaji. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah yang menjadi perbedaan pengembangan silabus mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasar rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengembangan silabus mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa uraian silabus (kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, alokasi waktu, sumber/bahan/alat, dan penilaian) mata pelajaran bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat di Kabupaten Kudus, sedangkan sumber data berasal dari silabus mata pelajaran bahasa Jawa di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat Kudus dan guru bahasa Jawa kelas IX di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus mata pelajaran bahasa Jawa yang digunakan di SMP N 2 Kudus dan MTs NU Banat terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi: (1) Kompetensi dasar. (2) Indikator. (3) Pengalaman belajar. (4) Materi belajar. (5) Alokasi waktu. (6) Teknik penilaian. (7) Sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang diberikan adalah sebagai berikut. Dalam mengembangkan kompetensi dasar hendaknya berorientasi pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah tercantum pada Standar Isi yang ditetapkan oleh Propinsi Jawa Tengah. Sebaiknya guru hendaknya mampu membedakan bentuk pengembangan yang sesuai pada indikator dan bentuk pengembangan pada pengalaman belajar. Guru hendaknya lebih kreatif lagi dalam memilihkan pengalaman belajar bagi siswa. Guru hendaknya dapat lebih kreatif dan variatif dalam pemilihan materi yang akan dikembangkan, penilaian yang dilakukan, dan media yang digunakan. 

File :
6480.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang