Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ryan Kumar Gunahar Singh , 5250307009
Subject
TJ Mechanical engineering and machinery
Datestamp
2015-04-25 07:48:19
Abstract :
Dewasa ini perkembangan teknologi pada bidang otomotif khususnya
pada mobil sangat pesat. Hal ini mendorong manusia untuk selalu belajar guna
mengetahui lebih mendalam tentang komponen-komponen pada mobil tersebut,
salah satunya pada sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection). Sistem
EFI pada Mitsubishi Lancer GTi 1.8i menentukan jumlah bahan bakar yang
optimal disesuaikan dengan jumlah dan temperatur udara yang masuk, kecepatan
mesin, temperatur mesin, posisi throtle valve, pengembunan oksigen, didalam
exhaust manifold, dll. ECU (Electronic Control Unit) mengatur jumlah bahan
bakar untuk dikirim ke mesin pada saat penginjeksian dengan perbandingan udara
dan bahan bakar yang optimal berdasarkan kepada karakteristik kerja mesin.
Sitem EFI menjamin perbandingan yang ideal dan efisiensi bahan bakar.
Permasalahan yang dibahas dalam penulisan tugas akhir ini yaitu
mengenai penjelasan, konstruksi, prinsip kerja, cara mendeteksi dan mengatasi
gangguan yang terdapat pada sistemEFI (Electronic Fuel Injection) Mitsubishi
Lancer GTi 1.8i . Komponen-komponen sistem EFI adalah 1. ECU (Electronic
Control Unit), 2. sensor-sensor (Air flow, Detonation Sensor, Intake Air
Temperature, Coolant Temperature Sensor, Throtle Posisition Sensor, CKP dan
CMP Sensor), 3. Sistem Pengaliran Bahan Bakar (saluran bahan bakar, tangki
bahan bakar, pompa bahan bakar, filter, regulasi tekan), 4. Aktuator, 5. Injector.
Untuk mengetahui kinerja dari sistem bahan bakar, maka diperlukan
pengetesan bahan bakar. Pengetesan bahan bakar dilakukan untuk mengetahui
kebocoran pipa bahan bakar, kemampuan pompa dalam memompa bahan bakar,
tekanan pompa, masalah timing penyemprotan, penyumbatan pada pipa bahan
bakar, bahkan kerusakan pada injector.