Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Eka Setyawati , 3201407057
Subject
G Geography (General)
Datestamp
2015-04-25 07:49:25
Abstract :
Buku teksGeografi merupakan sumber belajar yang paling umum
digunakan dalam pembelajaran geografi. Setiap sekolah memiliki berbagai macam
buku teks sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran namun kualitas
tiap-tiap buku teks berbeda-beda. Pengadaan buku teks yang digunakan harus
dapat memenuhi kriteria yang dapat menunjang tercapainya kualitas pendidikan.
BSNP mengembangkan instrumen penilaian buku teks meliputi empat komponen
yaitu kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, kelayakan penyajian, dan kelayakan
kegrafikaan. Buku yang lolos penilaian dinyatakan sebagai buku yang sesuai
dengan standar BSNP. Permasalahan yang dikaji adalah 1)apakah buku geografi
SMA kelas XI terbitan Esis, Erlangga, dan Cempaka Putih yang banyak
digunakan di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara sudah sesuai dengan
standar BSNP? 2) Bagaimanakahperbandingan hasil penilaianbuku geografi SMA
kelas XI terbitan Esis, Erlangga, dan Cempaka Putih yang banyak digunakan di
SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara berdasarkan standar BSNP? Tujuan
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kesesuaian buku geografi SMA kelas XI
terbitan Esis, Erlangga, dan Cempaka Putih yang banyak digunakan di SMA
Negeri se-Kabupaten Banjarnegaradengan standar BSNP. 2) Untuk mengetahui
perbandingan hasil penilaianbuku geografi SMA kelas XI terbitan Esis, Erlangga,
dan Cempaka Putih yang banyak digunakan di SMA Negeri se-Kabupaten
Banjarnegara berdasarkan standar BSNP.
Populasi dalam penelitian ini adalah 18 buku geografi SMA kelas XI yang
digunakan di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara tahun 2010/2011. Teknik
pengambilan sampelnya adalah Purposive Sampling dengan pertimbangan
tertentu dan keterbatasan waktusehingga peneliti mengambil 3 buku teksGeografi
kelas XI yang paling banyak digunakan di SMA Negeri se-kabupaten
Banjarnegara tahun 2010/2011 sebagai sampel penelitiannya.Buku tersebut adalah
buku Geografi SMA kelas XI terbitan Esis tahun terbit 2007 karangan Marah Uli
Harahap, dkk yang disimbolkan sebagai buku A, buku Geografi SMA kelas XI
terbitan Erlangga tahun terbit 2006 karangan Wardiyatmoko yang disimbolkan
sebagai buku B, danbuku Geografi SMA kelas XI terbitan Cempaka Putih tahun
terbit 2007 karangan Eni Anjayani dan Tri Haryanto yang disimbolkan sebagai
buku C. Fokus yang diteliti adalah kelayakan isi, kelayakan kebahasaan,
kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikaan. Data diperoleh menggunakan
observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis menggunakan metode
Deskriptif Persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang diteliti memiliki kualitas
yang berbeda-beda namun ketiga buku tersebut sudah sesuai dengan standar
BSNP, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian buku pada masing-masing
komponen.Ada dua buku yang berkriteria sangat sesuai yaitu buku geografi kelas
XI terbitan Cempaka Putih yang disimbolkan dengan huruf C dan buku geografi
kelas XI terbitan Erlangga yang disimbolkan dengan huruf B namun dalam
perolehan skornya buku C merupakan buku yang memperoleh penilaian terbaik
dibandingkan dengan buku geografi yang lain dengan skor penilaian 102,02 dan
hasil persentase 94,46%, dan buku B sebagai buku terbaik kedua dengan
perolehan skor 90,06 dan hasil persentase 83,38%. Sedangkan buku geografi kelas
XI terbitan Esis yang disimbolkan dengan buku A merupakan buku yang
memperoleh penilaian terendah dengan skor 85,52 dan hasil persentase 79,18%
masuk pada kriteria sesuai. Perbedaan hasil tersebut didasarkan pada perbedaan
kesesuaian buku teks pada masing-masing komponen dengan standar yang telah
ditentukan oleh BSNP.
Disimpulkan bahwa tiga buku teksGeografi kelas XI yang paling banyak
digunakan di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara tahun 2010/2011 sudah
baik dan sudah sesuai dengan standar BSNP namun kualitasnya berbeda-beda.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bahwa dalam melaksanakan
kegiatan pembelajaran, guru perlu memilih buku teks yang berkualitas dan sesuai
dengan standar BSNP, sehingga tidak mengalami kesulitan dan kesalahan dalam
penyampaian materi selain itu berdasarkan hasil penelitian, penulis
merekomendasikan buku C sebagai buku teks utama dalam kegiatan pembelajaran
dikarenakan buku tersebut memiliki kesesuaian tertinggi dengan standar BSNP.