Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Teguh Winarso , 4201407054
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2015-04-25 07:49:27
Abstract :
Pembelajaran IPA di kelas VIII SMP N 3 Ungaran masih menggunakan
metode ceramah dan sesekali diskusi. Pembelajaran dengan metode-metode yang
menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar jarang
dilakukan. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikir siswa tidak
berkembang sehingga diperlukan penerapan metode pembelajaran yang
menjadikan siswa aktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu metode
Children Learning in Science (CLIS) melalui pendekatan konstruktivisme .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode Children
Learning in Science (CLIS) melalui pendekatan konstruktivisme dan metode
konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa SMP, (2) Pengaruh kemampuan
matematika tingkat tinggi dan rendah terhadap hasil belajar fisika siswa SMP, (3)
Hubungan antara pengaruh metode pembelajaran CLIS melalui pendekatan
konstruktivisme dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar fisika siswa
SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP N 3 Ungaran. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan
terpilih kelas VIII-H dan VIII-I. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik
dokumentasi berupa kemampuan matematika dan teknik tes berupa hasil belajar
kognitif siswa pada sub pokok bahasan Pemantulan Cahaya. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis variansi dua arah.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan pengaruh antara
pembelajaran fisika dengan metode CLIS melalui pendekatan konstruktivisme dan
konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa, peningkatan rata-rata metode
CLIS jauh lebih tinggi yaitu 0,53 dibandingkan metode konvensional yaitu 0,39.
(2) Tidak ada perbedaan pengaruh antara kemampuan matematika tinggi dan
kemampuan matematika rendah terhadap hasil belajar fisika siswa (3) Tidak ada
hubungan antara pengaruh metode pembelajaran CLIS melalui pendekatan
konstruktivisme dan kemampuan matematika terhadap hasil belajar siswa. Dari
hasil penelitian ini hendaknya guru lebih memperhatikan metode pembelajaran
yang akan diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.