Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Ariyani Dwi K. , 3352405523
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2011-12-06 00:20:00
Abstract :
ABSTRAK
Kusumaningrum, Ariyani Dwi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap
Kepuasan Penumpang Kapal Motor Cepat Kartini I Lintas Jepara-Karimunjawa dengan
Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Manajemen Pemasaran, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. 97 hal. Dosen Pembimbing I, Dra. Murwatiningsih,
MM. Dosen Pembimbing II, Drs. Ade Rustiana, M,Si.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian, Kepuasan Penumpang
Peranan pengangkutan menjadi sangat penting karena pengangkutan berperan
menentukan perkembangan ekonomi di suatu negara khususnya dalam bidang pariwisata.
Perusahaan KMC Kartini I dalam menawarkan jasanya dengan cara meningkatkan kualitas
pelayanan dan promosi untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya sehingga
dengan keputusan tersebut perusahaan mendapatkan kepuasan para penumpangnya. Tetapi pada
kenyataannya perusahaan KMC Kartini I tidak mengalami peningkatan jumlah penumpang
melainkan mengalami fluktuasi jumlah penumpang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini
adalah adakah pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan penumpang dengan
keputusan pembelian sebagai variabel intervening baik secara langsung maupun tidak langsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi
secara langsung maupun tidak langsung terhadap kepuasan penumpang KMC Kartini I dengan
keputusan pembelian sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang KMC Kartini I. Pengambilan
sampel menggunakan tehnik accidental sampling artinya responden yang dijumpai saat
menggunakan jasa kapal dan dianggap layak. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan
iterasi dan diperoleh sampel sebanyak 103 orang. Metode pengambilan data menggunakan
angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara positif dan signifikan baik
secara langsung maupun tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap
kepuasan penumpang KMC Kartini I dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening.
Hasil analisis jalur yang pertama diperoleh persamaan P = -0,110+0,548X1+0,557X2+0,408 dan
yang kedua diperoleh Y= 0,040+0,325X1+0,203X2+0,384P+0,451.
Simpulan dari penelitian ini adalah Ada pengaruh secara langsung maupun tidak
langsung variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan penunampang KMC
Kartini I dengan keputusan pembelian sebagai variabel intevening. Saran bagi pihak KMC
Kartini I sebaiknya perusahaan terus meningkatkan kegiatan promosi dengan cara menggunakan
gambar-gambar di mobil seperti gambar kapal disertai gambar obyek wisata, melalui baliho, dan
promosi melalui internet.