DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2011-2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nurul Rahmawati, 1550407015
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2015-04-25 07:50:09 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena mengenai kebiasaan belajar siswa yang kurang baik, Masalah kebiasaan anak dalam belajar merupakan masalah yang patut diperhatikan oleh sekolah maupun orang tua. Kebiasaan belajar yang kurang baik tersebut diperkirakan karena masalah komunikasi anak atau siswa dengan orang tua yang kurang berkualitas. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling. Kebiasaan belajar diukur dengan skala kebiasaan belajar. Skala kebiasaan belajar mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,971. Skala kebiasaan belajar terdiri dari 66 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,344 sampai dengan 0,852. Sedangkan kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua diukur dengan menggunakan skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,964. Skala kualitas komunikasi antara anak dan orang tua terdiri dari 45 aitem valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,338 sampai dengan 0,771. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kebiasaan belajar siswa tergolong tinggi. Demikian juga variabel kualitas komunikasi antara anak dengan orang tua juga tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa. Korelasi kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar diperoleh koefisien r = 0,717 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dengan kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 13 Semarang.  

File :
10122.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang