Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Yayan Surahman, 3301401021
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2015-04-25 03:04:00
Abstract :
Pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang membutuhkan wawasan dan
cara berpikir yang lebih kritis, kreatif dan teliti. Banyak siswa yang mengerti itu
sehingga mereka mendapatkan hasil yang baik. SMP Negeri 22 Semarang
khususnya kelas VIII, masih adanya sebagian siswa yang mendapat nilai dibawah
rata ? rata khususnya pada mata pelajaran pengetahuan sosial, walaupun sekolah
tersebut sekolah bisa dikatakan bonafit, karena SMP Negeri 22 prestasinya cukup
diperhitungkan dengan peringkat 16 diantara 193 sekolah SMP negeri dan swasta
lainnya yang ada di Semarang. Permasalahan yang diungkap adalah faktor ?
faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan belajar mata pelajaran
Pengetahuan Sosial Siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui keberhasilan belajar Siswa kelas VIII pada mata pelajaran
Pengetahuan Sosial.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang
Tahun 2006/2007 sebanyak 258 siswa. Peneliti menggunakan sampel 157 siswa
sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
dekumentasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis faktor, yaitu analisis yang digunakan untuk mereduksi data
variabel yang banyak, diubah menjadfi variabel yang jumlahnya sedikit.
Berdasarkan hasil analisis faktor dapat diketahui sumbangan atau
kontribusi dari masing-masing faktor, terbentuk 9 kelompok faktor yang
mempengaruhi keberhasilan belajar mata pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang. Kesembilan kelompok faktor tersebut
meliputi: 1) Faktor pembelajaran dan keadaan siswa memiliki kontribusi sebesar
13,22%, 2) Faktor relasi dan metode belajar dengan kontribusi sebesar 12,04%, 3)
Faktor sistem belajar siswa dengan kontribusi sebesar 13,22%, 4) Faktor psikologi
siswa dengan kontribusi sebesar 6,33%, 5) Faktor lingkungan sekolah dengan
kontribusi sebesar 5,97%, 6) Faktor konsentrasi dan lingkungan sekolah dengan
kontribusi sebesar 5,48%, 7) Faktor keluarga dan guru dengan kontribusi sebesar
4,83%, 8) Faktor cita ? cita dan kondisi fisik dengan kontribusi sebesar 4,56%, 9)
Faktor masa depan siswa dengan kontribusi sebesar 4,43%.
Melihat hasil diatas dapat dilihat bahwa pengaruh terbesar terhadap
keberhasilan belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 22 Semarang meliputi faktor pembelajaran dan keadaan siswa dan faktor
sistem belajar siswa yang memiliki kontribusi masing-masing 13,22%, adapun
faktor yang memiliki kontribusi terkecil yaitu faktor masa depan siswa 4,43%.
Hal yang seharusnya dilakukan oleh pihak sekolah yaitu pelunya
meningkatkan hubungan antara guru dengan siswa karena masih banyak siswa
atau guru yang kurang tahu antara keduanya, juga pelu ditingkatkan lagi metode
belajar siswa karena dengan metode yang tepat hasil yang diperolehpun akan
semakin baik pula, dan orang tua juga perlu mengadakan pengawasan terhadap
belajarnya siswa karena dengan pengawasan tersebut siswa akan merasa
diperhatikan oleh orang tuanya sehingga memotivasi untuk belajar lebih giat lagi
agar mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.