Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Nur Indah Rahmattika , 7101406136
Subject
HF5601 Accounting
Datestamp
2015-04-25 07:52:55
Abstract :
Salah satu indikator berhasil tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat
dari tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yang dapat dilihat melalui proses
pembelajaran yang mengakibatkan suatu perubahan perilaku siswa yang dapat
mendorong siswa untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Permasalahan
yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh kesiapan dan disiplin
belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XI
IS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2009/2010 baik secara parsial maupun
simultan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal
dengan jumlah siswa sebanyak 135 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan
teknik propotionate random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
data diperoleh pelaksanaan kesiapan belajar termasuk dalam kategori cukup siap
dengan persentase 65,15%, pelaksanaan disiplin belajar dalam kategori cukup
disiplin dengan persentase 63,39%, sedangkan untuk prestasi belajar siswa dalam
kategori cukup baik dengan persentase 68,03%. Persamaan regresi yang diperoleh
adalah Y = 49,256 + 0,212 X1 + 0,142 X2, yang berarti bahwa kesiapan dan
disiplin belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran
ekonomi akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran
2009/2010. Dari hasil pengujian secara parsial diperoleh thitung pada taraf
signifikansi 5% untuk masing-masing variabel sebesar 5,306 untuk kesiapan
belajar, untuk disiplin belajar sebesar 2,315 dan untuk ttabel sebesar 1,662 yang
berarti bahwa Ha diterima. Sedangkan dari hasil pengujian secara simultan
diperoleh Fhitung sebesar 18,791 dan besarnya Ftabel adalah 3,09 yang berarti bahwa
Ha diterima karena Fhitung > Ftabel. Besarnya kontribusi secara parsial masingmasing
variabel bebas adalah 22,3% untuk kesiapan belajar dan 5,1% untuk
disiplin belajar. Sedangkan koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah
sebesar 26,2% dan sisanya sebesar 73,8% dipengaruhi oleh faktor yang lain diluar
penelitian.
Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah ada
pengaruh yang signifikan antara kesiapan dan disiplin belajar terhadap prestasi
belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 5 Tegal
tahun pelajaran 2009/2010 baik secara parsial maupun simultan. Saran yang
berkaitan dengan hasil penelitian yaitu siswa diharapkan untuk memperhatikan
faktor kesiapan dan disiplin belajar dan untuk penelitian selanjutnya diharapkan
dapat menambah ruang lingkup penelitian agar hasil yang diperoleh lebih dapat
digeneralisasikan pada penelitian selanjutnya.