DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Promosi, Harga dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama di Semarang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Sri Meilina Sari, 3352405507
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2011-12-03 01:35:08 
Abstract :
Sri Meilina Sari. 2011. Pengaruh Promosi, Harga dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama di Semarang). Skipsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Promosi, Harga, Keunggulan Produk, Kinerja Pemasaran Kinerja pemasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah promosi, harga dan keunggulan produk. Ketiganya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah promosi, harga dan keunggulan produk mempunyai pengaruh terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Honda Vario PT. Prima Zirang Utama, kemudian dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi, analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 3,664 + 0,211X1 + 0,160 X2+ 0,689X3 untuk variabel promosi (X1) diperoleh hasil nilai thitung =4,508, dengansighitung=0,000 jadi H1 diterima, yang berarti promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Variabel harga (X2) diperoleh hasil nilai thitung =2,896, dengan sighitung =0,000 jadi H2 diterima, yang berarti harga berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.variabel keunggulan produk (X3) diperoleh nilai thitung =7,517, dengan sighitung=0,000 jadi H3 diterima, yang berarti keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan diperoleh nilai Fhitung = 48,536, dengan sig = 0,000 jadi H4 diterima, yang berarti promosi, harga, dan keunggulan produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Nilai R2 = 60,8%. r2promosi = 18,58%, harga = 8,58%, keunggulan produk = 38,81%. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variable promosi, harga dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran pada produk Honda Vario PT. Prima Zirang Utama.Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya PT. Prima Zirang Utama memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli secara tunai, memperpanjang waktu pembayaran cicilan dan menyediakan pilihan desain, model, warna yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Institution Info

Universitas Negeri Semarang