DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMK Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2009/2010
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Zanu Fahrul, 7101406082
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2011-12-03 01:32:41 
Abstract :
Zanu Fahrul. 2010. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian di SMK Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Amir Mahmud, S.Pd, M.Si. Pembimbing II. Agung Yulianto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, dan Aktivitas Siswa Tujuan pembelajaran Akuntansi adalah memberikan pengetahuan umum tentang laporan keuangan dan analisis keuangan yang dapat digunakan siswa dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pengetahuan dasar bagi siswa yang ingin mengembangkan karirnya dibidang akuntansi, atau akan menempuh mata pelajaran lain dibidang bisnis dan keuangan. Hasil observasi awal di SMK Negeri 1 Kudus diperoleh data bahwa pembelajaran akuntansi di kelas X akuntansi 3 memiliki indikasi belajar yang rendah dan siswa masih terlihat kurang aktif. Permasalahan pada penelitian ini adalah sebanyak 69,4% siswa kelas X akuntansi 3 hasil belajarnya masih rendah dan ketuntasan klasikalnya mencapai 30,6%. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode kooperatif tipe Think Pair Share. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi 3 SMK Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2009/2010. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata belajar siswa siklus I sebesar 8,3 dengan ketuntasan klasikal 77,14%. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 9,6 dengan ketuntasan klasikal 100%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,38% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 73,75. Sedangkan ketrampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 91,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 98%. Kemudian tanggapan siswa terhadap pembelajaran Think Pair Share sebesar 85,33% dengan katagori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan aktvitas siswa kelas X Akuntansi 3 pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian melalui metode kooperatif tipe Think Pair Share. Ketrampilan mengajar guru dalam pembelajaran tipe Think Pair Share masuk katagori sangat baik. Dan terdapat respon positif dari siswa terhadap pembelajaran Think Pair Share. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: guru hendaknya menerapkan metode kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat dijadikan variasi dalam pembelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian dan hendaknya guru menerapkan variasi metode pembelajaran yang tepat serta sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

File :
11686a.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang