DETAIL DOCUMENT
Pendekatan SETS Berbasis Riset Sederhana Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia di SMA N 1 Pecangaan Jepara
Total View This Week27
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Fita Khulaiyah, 4401406563
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2011-12-03 01:29:26 
Abstract :
Khulaiyah, Fita. 2010. Pendekatan SETS Berbasis Riset Sederhana Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia di SMA N 1 Pecangaan Jepara. Skripsi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Drs. Supriyanto, M.Si. dan Dra. Endah Peniati, M.Si. Dalam penerapan pendekatan SETS, siswa diharapkan aktif dalam proses menemukan konsep dan pembelajaran berlangsung menyenangkan sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penemuan konsep oleh siswa akan mendapat penguatan melalui metode riset sederhana yang disertai dengan presentasi hasil riset sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan SETS berbasis riset sederhana pada pembelajaran sistem reproduksi manusia dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 1 Pecangaan Jepara, sedangkan sampelnya 2 kelas yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Variabel bebas meliputi penerapan pendekatan SETS berbasis riset sederhana dalam pembelajaran sistem reproduksi manusia. Sedangkan variabel terikat meliputi hasil belajar, keaktifan siswa selama proses pembelajaran, serta tanggapan siswa dan guru terhadap proses pembelajaran. Pendekatan SETS berbasis riset sederhana pada pembelajaran materi sistem reproduksi manusia di SMA N 1 Pecangaan Jepara dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa apabila hasil belajar siswa secara klasikal ≥ 75% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu ≥ 80 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥ 75% siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yaitu secara klasikal aktivitas siswa kelas XI IPA 1= 83% dan XI IPA 2= 82%. Keaktifan diskusi XI IPA 1= 88,37% dan XI PA 2= 85,71%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas XI IPA 1= 100% dan XI PA 2= 92,86% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar ≥ 70 serta siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pendekatan SETS berbasis riset sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS berbasis riset sederhana di SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Saran yang diajukan adalah dalam membelajarkan materi sistem reproduksi manusia hendaknya menerapkan pendekatan SETS berbasis riset sederhana, dan guru menggunakan lingkungan dan fasilitas sekolah yang ada. Kata Kunci : sistem reproduksi manusia, SETS, riset sederhana 

Institution Info

Universitas Negeri Semarang