Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Aulia Zahrotul Chamidah, 3352405554
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2011-12-03 01:27:46
Abstract :
Aulia Zahrotul Chamidah. 2010. â€Pengaruh Harga Tiket On Line Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Kereta Api Argo Muria PT KAI DAOP IV Semarangâ€. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Murwatiningsih, M.Si. II. Drs. Partono.
Kata Kunci : Harga Tiket On Line, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian merupakan proses tahap demi tahap yang digunakan konsumen ketika membeli barang atau jasa. PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang pelayanan transportasi dan terus mengadakan pembenahan disegala bidang guna memuaskan konsumennya. Namun pada kenyataan masih banyak menerima keluhan dari konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaryh semua variable bebas baik secara parsial maupun secra simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang kereta api Argo Muria pada PT KAI DAOP IV Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus iterasi, jumlah sampel 100 dilakukan dengan insidental sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (harga tiket on line dan kualitas pelayanan) dan variabel terikat (keputusan konsumen). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian dengan analisis deskriptif persentase menunjukkan Harga Tiket On Line dan Kualitas Pelayanan dalam keadaan baik. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 24,816 + 0,240X1 + 0,461X2. Hasil pengujian secara simultan diperoleh adalah 46,4% dan 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Besarnya pengaruh parsial harga tiket on line terhadap keputusan konsumen menggunakan kereta api Argo Muria PT KAI DAOP IV Semarang adalah sebesar 16,65%, sedangkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen menggunakan kereta api Argo Muria PT KAI DAOP IV Semarang adalah sebesar 18,58%.
Kesimpulan yang dapat peneliti berikan adalah kualitas pelayanan merupakan parameter utama yang dapat menentukan tinggi rendahnya penggunaan jasa pada Kereta Api Argo Muria Semarang. Saran yang dapat peneliti berikan adalah kualitas pelayanan perlu lebih ditingkatkan misalnya dengan cara: penambahan fasilitas baru yang lebih memberikan kenyamanan, adanya perbaikan fasilitas yang mengalami kerusakan secara kontinyu, selalu menjaga kebersihan kereta dan toilet, sikap keramah tamahan pramugari dan pramugara serta ketepatan waktu lebih ditingkatkan. Selain itu adanya peningkatan kualitas pelayanan, penetapan harga tiket harus memperhatikan kondisi persaingan sehingga konsumen tidak beralih kepada pesaing