DETAIL DOCUMENT
(ABSTRAK) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTS N LASEM, REMBANG KELAS VII SEMESTER 2 PADA MATERI POKOK SEGITIGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Alfiyah, 4101406073
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2011-12-02 14:07:47 
Abstract :
Dalam upaya menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sedapat mungkin guru harus dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan dan kemampuan peserta didik, selain itu model pembelajaran yang dipilih harus dapat menunjang peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak hanya sebagai transfer ilmu satu arah dari guru ke peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil, dengan model pembelajaran ini peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Selanjutnya permasalahan yang muncul yaitu apakah dengan menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil ini rata-rata hasil belajar peserta didik dapat melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII semester 2 MTs N Lasem. Kemudian dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian, dengan menggunakan uji t diperoleh = 3,734 , = 1,669. Jadi kesimpulannya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Dan dengan uji ketuntasan belajar pada kelas eksperimen diperoleh = 6,543, =1,694. Sehingga kesimpulannya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen melebihi kriteria ketuntasan minimal yaitu 55. Penulis menyarankan agar setiap guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat agar peserta didik ikut terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.  

File :
11674_A.pdf
Institution Info

Universitas Negeri Semarang