Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Adhi Yustianto Farohidi, 3352404576
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2015-04-25 03:53:24
Abstract :
Keputusan pembelian yang dilakukan oleh seorang konsumen dalam
melakukan pembelian sebuah produk seringkali melibatkan pertimbanganpertimbangan
yang sangat kompleks seperti halnya dalam pembelian sebuah
sepeda motor. Salah satu pertimbangannya adalah bintang iklan yang sesuai
dengan produk diiklankannya dengan maksud untuk menarik minat konsumen
untuk membeli. Selain itu citra produk juga dapat menentukan konsumen dalam
melakukan pembelian, sebab dengan citra produk yang bagus akan memberikan
kesadaran produk dalam benak konsumen sehingga akan terjadi keputusan
berulang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah
pengaruh karakteristik bintang idola iklan terhadapkeputusan pembelian produk
sepeda motor merek Honda di kota Semarang? (2) Adakah pengaruh citra produk
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang? Dan (3)
Adakah pengaruh karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang. Penelitian ini
bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh karakteristik bintang idola iklan
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang (2) Untuk
mengetahui pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor
Honda di kota Semarang (3) Untuk mengetahui pengaruh antara variabel
karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Honda di kota Semarang.
Populasi penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian
sepeda motor merek Honda di kota semarang sebanyak 100 orang. Pengambilan
sampel berjumlah 30 orang dilakukan dengan metode incidental sampling atau
sampling kebetulan.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu (1)
Karakteristik Bintang Idola Iklan, (2) Citra Produk, dan (3) Keputusan Pembelian.
Penelitian ini menggunakan alat analisis Deskriptif Persentase dan Regresi Linier
Berganda.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi : Y = 0,564
+0,302 X1 + 0,740 X2. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh
Sig.F = 162,710 dengan harga signifikansi sebesar 0,000 atau < 0,05, yang berarti
ada pengaruh karakteristik bintang idola iklan dan citra produk terhadap
keputusan pembelian. Hasil uji parsial diperoleh t1 = 3,095 dengan nilai sig.t =
0,03 atau < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan
pembelian dan t2 = 9,391 dengan nilai sig.t = 0,03<0,05, hal ini berarti ada
pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian. Persamaan regresi linier
berganda yaitu bahwa variabel karakteristik bintang idola iklan dancitra produk
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel citra produk (69%)
memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen
ix
daripada variabel karakteristik bintang idola iklan (30%). Melalui koefisien
determinasi persamaan regresi linier berganda yang diperoleh, ternyata variabel
karakteristik bintang idola iklan dan citra produk hanya bisa menjelaskan sebesar
76,6% keputusan pembelian konsumen terhadap sepeda motor Honda di kota
Semarang.
Kesimpulan bahwa karakteristik bintang idola iklan berpengaruh negatif
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang. Variabel
citra produk ini merupakan faktor yang lebih berpengaruh terhadap penurunan
keputusan pembelian sepeda motor Hondadi Kota Semarang. Oleh karena itu bagi
para konsumen yang akan melakukan keputusan pembelian hendaknya lebih
mempertimbangkan citra produk dengan melihat kualitas dan manfaat yang
diperoleh dari produk yang dibelinya tetapi dengan harga yang relatif terjangkau.