DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA EKSTENSIF MELALUI MEDIA READING BOX DENGAN TEKNIK MEMBACA SKIMMING PADA SISWA KELAS XF SMA MUHAMMADIYAH KUDUS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Septi Wulandari, 2101405015
Subject
Pendidikan Bahasa dan Sastra 
Datestamp
2011-12-05 05:42:48 
Abstract :
SARI Wulandari, Septi. 2010. Peningkatkan Membaca Ekstensif melalui Media Reading Box dengan Teknik Membaca Skimming pada Siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Subyantoro, M.Hum. Pembimbing II: Drs. Haryadi, M.Pd. kata kunci: keterampilan membaca ekstensif, media reading box, dan teknik skimming. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan membaca ekstensif siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya latihan dalam membaca ekstensif serta media dan teknik yang digunakan guru kurang menarik, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan membaca ekstensif. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media reading box dan teknik membaca skimming dalam pembelajaran membaca ekstensif. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana peningkatan keterampilan membaca ekstensif siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media reading box dan teknik membaca skimming?; dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus setelah mengikuti pembelajaran membaca ekstensif melalui media reading box dengan teknik membaca skimming? Penelitian ini bertujuan mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca ekstensif setelah diberikan pembelajaran menggunakan media reading box dan teknik membaca skimming dan untuk mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa setelah diberikan pembelajaran membaca ekstensif melalui media reading box dengan teknik membaca skimming. Penelitian ini diharapkan bermanfaat besar untuk memberikan sumbangan berupa pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa, khususnya pembelajaran membaca ekstensif. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian adalah keterampilan membaca ekstensif siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus sebanyak 46 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan membaca ekstensif dan penggunaan media reading box dan teknik membaca skimming. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman deskripsi perubahan perilaku ekologis, pedoman wawancara, pedoman catatan harian, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran membaca ekstensif melalui media reading box dengan teknik membaca skimming, keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 23,94%. Skor rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 58,67 dan mengalami peningkatan sebesar 16,96% menjadi 75,63 pada siklus I. Kemudian pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat sebesar 6,98% menjadi 82,61. Pembelajaran membaca ekstensif melalui media reading box dengan teknik membaca skimming dapat mengubah perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran, menjadi siap dan lebih aktif mengikuti pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah media reading box dengan teknik membaca skimming mampu meningkatkan keterampilan membaca ekstensif dan dapat mengubah perilaku siswa kelas XF SMA Muhammadiyah Kudus Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, agar menggunakan media reading box dengan teknik membaca skimming dalam kegiatan membaca ekstensif dan melatih kebiasaan siswa untuk gemar membaca. Siswa disarankan untuk selalu berlatih membaca dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi para peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dan untuk menambah khazanah ilmu bahasa.  

Institution Info

Universitas Negeri Semarang